Konsultasi Perencanaan Keuangan

img_list
Prita Ghozie CEO & Founder ZAP finance Financial & Business Planner (CFP)
Follow detikFinance
Rabu 10 Feb 2016, 08:57 WIB

Penghasilan Rp 15 Juta/Bulan, Pilih Cicil Mobil Atau Rumah?

Prita Hapsari Ghozie - detikFinance
Penghasilan Rp 15 Juta/Bulan, Pilih Cicil Mobil Atau Rumah? Foto: Istimewa
Jakarta - Pertanyaan: Suami saya berwirausaha penghasilan setiap bulan sebesar Rp 8-15 jutaan. Saya tidak bekerja, sekarang saya sedang menyicil mobil sebesar Rp 2,4 juta selama 4 tahun dan cicilan usaha bank sebesar Rp 708 ribu selama 2 tahun. Saat ini saya mau menyicil rumah Rp 1,5 juta selama 15 tahun. Kira-kira apakah saya harus menjual mobil/membatalkan KPR rumah

Nama Lengkap :
Devy Nur Megawati

Jawaban:
Halo Ibu Devy, terima kasih atas pertanyaannya.

Untuk membantu dalam pengambilan keputusan pilihan sesuai pertanyaan, saya akan membahas mengenai ukuran kemampuan pelunasan utang Anda.
Kondisi keuangan yang sehat mengajak Anda untuk hanya mengalokasikan 35% dari penghasilan bulanan untuk keperluan membayar cicilan utang.

Artinya, batas maksimum seluruh cicilan utang per bulan yang boleh Anda miliki dengan penghasilan bulanan sebesar Rp 8 juta adalah Rp 2,8 juta.

Ukuran berutang Anda saat ini    = (Rp2,4 juta + Rp708 ribu)/ Rp8 juta = 39%

Berdasarkan perhitungan di atas, rasio kemampuan pelunasan utang Anda melebihi batas maksimum kondisi keuangan yang sehat sebesar 30%-35%. Oleh karena itu, Anda tidak disarankan untuk menambah kredit hingga rasio tersebut berkurang, karena kredit telah lunas.

Namun, jika rata-rata penghasilan adalah Rp 15.000.000 setiap bulan, maka ukuran Anda berubah menjadi 20%. Maka, dengan rerata penghasilan yang kedua, Anda masih dapat menambah utang baru lagi.

Nah, dengan mengetahui penghasilan aktual yang didapat oleh keluarga, maka Anda dapat mengambil keputusan dengan pertimbangan di atas.

Apabila ternyata ukuran pembayaran utang Anda di atas 30%, maka opsi menjual mobil dapat dipilih. Pahami juga, apabila mobil menjadi bagian operasional untuk menunjang usaha. maka Anda tidak perlu menjual mobil tersebut. Sehingga, opsinya adalah membatalkan KPR.

Pastikan total cicilan bulanan yang Anda bayarkan masih dalam rentang rasio kemampuan pelunasan utang yang sehat yaitu sebesar 35% dari total penghasilan bulanan.

Live a beautiful life!

(wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed