Konsultasi Perencanaan Keuangan

img_list
Prita Ghozie CEO & Founder ZAP finance Financial & Business Planner (CFP)
Follow detikFinance
Jumat 12 Feb 2016, 08:38 WIB

Gaji Rp 3 Juta Mau Beli Rumah, Bisa Nggak Ya?

Prita Hapsari Ghozie - detikFinance
Gaji Rp 3 Juta Mau Beli Rumah, Bisa Nggak Ya? Foto: Istimewa
Jakarta - Pertanyaan: Saya Yayang bekerja di sebuah perusahaan swasta di jakarta dengan gaji sekitar Rp 3 juta. Saya ingin bertanya bagaimana caranya saya dengan gaji segitu dapat menabung membelikan rumah buat orang tua saya? Terima kasih

Yayang Isnarliya

Jawaban:

Halo Ibu Yayang, terima kasih atas pertanyaannya.

Sebagai karyawan, keunggulan yang harus dimanfaatkan adalah adanya penghasilan rutin setiap bulan dalam bentuk gaji. Setiap bulan, gaji sebaiknya dikelola untuk berbagai pos pengeluaran, termasuk menabung untuk tujuan tertentu.

Dalam hal ini, Anda bertujuan untuk membeli rumah bagi orang tua. Saran saya, usahakan menabung setidaknya Rp 300.000 setiap bulan untuk mengumpulkan uang muka pembelian rumah.

Jika uang muka sudah sesuai dengan harga beli rumah, maka berikutnya adalah mengambil kredit pemilikan rumah.

Setidaknya terdapat dua pertimbangan finansial yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli rumah secara kredit. Pertimbangan pertama adalah menghitung maksimum kemampuan pembayaran cicilan utang per bulan. Suatu keuangan yang sehat mensyaratkan perbandingan kemampuan pelunasan utang maksimal sebesar 35% dari penghasilan rutin.

Artinya, untuk penghasilan yang Anda miliki saat ini maksimal cicilan utang yang disarankan untuk Anda adalah Rp 1.050.000 per bulan. Nominal tersebut mencakup seluruh cicilan utang yang ada seperti cicilan kartu kredit dan cicilan utang lainnya. Apabila saat ini Anda telah memiliki cicilan utang lainnya maka kemampuan cicilan KPR Anda semakin berkurang.

Pertimbangan kedua adalah menghitung kemampuan maksimum utang KPR. Dengan menggunakan asumsi bunga KPR 12% dan cicilan sebesar Rp 1.050.000 per bulan selama 15 tahun, maka maksimum harga rumah yang bisa Anda beli saat ini adalah Rp 134,5 juta. Pengajuan KPR di Indonesia hanya menanggung 65% dari harga rumah yang diajukan. Sehingga Anda perlu menyiapkan dana sebesar Rp 47 juta untuk uang muka.

Dana uang muka dapat dikumpulkan dari penyisihan penghasilan per bulan dan bonus tahunan yang diterima seperti THR.

Semoga informasi di atas dapat membantu Anda untuk segera memberikan rumah bagi kedua orang tua.

Live a beautiful life! (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed