Konsultasi Perencanaan Keuangan

img_list
Prita Ghozie CEO & Founder ZAP finance Financial & Business Planner (CFP)
Follow detikFinance
Selasa 10 May 2016, 08:27 WIB

Mau Beli Asuransi Kesehatan Untuk Ibu Berusia 50 Tahun, Ini Saran Untuk Anda

Prita Hapsari Ghozie - detikFinance
Mau Beli Asuransi Kesehatan Untuk Ibu Berusia 50 Tahun, Ini Saran Untuk Anda Foto: Istimewa
Jakarta - Pertanyaan:
Selamat Siang Mbak Prita

Mau tolong tanya, saya memiliki ibu yang berusia sekitar 50 tahun. Saya berencana membelikan asuransi kesehatan untuk beliau mengingat usia beliau yang sudah tua. Apakah itu akan sia-sia atau uangnya saya gunakan untuk hal lain. Ini untuk antisipasi ke depannya

Dwi Prasetyo

Jawaban:
Halo Dwi, terima kasih atas pertanyaannya.

Pemerintah Indonesia memiliki program jaminan akses kesehatan bagi seluruh warga Negara Indonesia melalui BPJS Kesehatan. Program ini memungkinkan warga untuk memperoleh penanganan kesehatan seperti konsultasi dokter dan obat dengan biaya yang terjangkau. Namun, Anda perlu mendaftarkan diri dan membayar iuran secara rutin, agar dapat menerima fasilitas yang ditawarkan oleh program BPJS Kesehatan.

Selain ibu Anda, Anda dan anggota keluarga lain juga perlu mendaftarkan diri ke dalam program BPJS Kesehatan. Karena UU Nomor 40 tahun 2004 dan UU Nomor 24 tahun 2011 mewajibkan setiap warga Negara Indonesia untuk mengikuti program BPJS Kesehatan.

Walaupun BPJS Kesehatan memiliki kelebihan berupa keterjangkauan biaya kesehatan, di sisi lain BPJS Kesehatan juga memiliki kelemahan yaitu proses administrasi yang lebih panjang dan antrean yang lama.

Apabila Anda merasa bahwa fasilitas yang diberikan oleh BPJS Kesehatan masih kurang memenuhi kebutuhan kesehatan ibu Anda, Anda bisa menambah fasilitas dengan asuransi kesehatan.

Namun perlu diingat, biaya premi saat seseorang berusia lanjut akan sangat mahal. Sebab risiko seseorang terserang penyakit akibat melemahnya daya tahan tubuh semakin besar.

Namun tidak ada salahnya untuk menanyakan beberapa agen asuransi untuk membandingkan produk asuransi kesehatan swasta yang mungkin saja dapat menjawab kebutuhan kesehatan ibu Anda.

Semoga jawaban tersebut membantu. (wdl/wdl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed