Follow detikFinance
Kamis 20 Apr 2017, 18:49 WIB

Bos BCA Komentar Soal Rumah DP 0 Rupiah

Muhammad Idris - detikFinance
Bos BCA Komentar Soal Rumah DP 0 Rupiah Foto: Pool/BCA
Jakarta - Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih versi hitung cepat, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, dalam masa kampanyenya memperkenalkan program pembiayaan perumahan tanpa uang muka alias DP Nol Rupiah.

Program ini sendiri diharapkan bisa jadi solusi bagi warga yang selama ini tak mampu membeli kebutuhan papan tersebut.

Lantas, bisakah perbankan melakukan pembiayaan DP 0 rupiah untuk membantu program tersebut?

Presiden Direktur Bank BCA, Jahja Setiaatmadja, mengungkapkan program DP 0 rupiah bisa saja dilakukan perbankan. Namun untuk saat ini hal tersebut tak bisa dilakukan lantaran terbentur aturan dari Bank Indonesia (BI).

"Kita tunggu saja lah kalau memang (bank) yang lain ya kita ikut, Yang penting kan harus ada ketentuannya BI dan OJK yang support, kita kan bisa masuk kalau memang sesuai aturan perbankan," kata Jahja ditemui di Hotel Indonesia, Jakarta, Kamis (20/4/2017).

Seperti diketahui, aturan Loan to Value (LTV) KPR perumahan yang ada saat ini mewajibkan DP bagi rumah tapak pertama dan rusun sebesar 15%, dengan catatan luas di atas 70 meter persegi. Sementara untuk rusun dengan luas 21-70 meter persegi DP minimum ditetapkan 10%.

"Memang aturan perbankan memungkinkan ya kenapa tidak. Yang penting ada aturannya, kan yang sekarang tidak mungkin karena belum ada aturan yang berlaku. Aturannya saja belum," tandas Jahja. (idr/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed