Follow detikFinance
Minggu 13 Aug 2017, 10:35 WIB

Jokowi Bagikan 2.850 Sertifikat Tanah untuk Warga Jawa Timur

Ray Jordan - detikFinance
Jokowi Bagikan 2.850 Sertifikat Tanah untuk Warga Jawa Timur Foto: Ray Jordan
Jember - Hari kedua di Jember, Jawa Timur, sejumlah agenda akan dijalani oleh Presiden Joko Widodo. Di antaranya menyerahkan sertifikat hak atas tanah dan menyaksikan Jember Fashion Carnaval ke-16.

Agenda pertama yang akan dijalani Jokowi yakni menyerahkan sertifikat hak atas tanah bagi warga Jawa Timur, yang masuk dalam program strategis nasional. Kegiatan ini berlangsung di Gedung New Sari Utama Convention Hall yang berada di Kecamatan Kaliwates, Minggu (13/8/207).

Ada 2.850 sertifikat yang diberikan untuk warga Jawa Timur.

Penyerahan sertifikat tersebut berlangsung di Gedung New Sari Utama Convention Hall, Jl Hayam Wuruk, Jember. Sebanyak 2 ribuan orang penerima sertifikat tanah berkumpul di ruangan ini.

"Pada pagi ini telah diserahterimakan sertifikat 2.850. Sertifikat ini penting. Kenapa penting? Di seluruh Indonesia, di provinsi yang saya datangi, selalu keluhan ke saya soal sengketa tanah, antara masyarakat dengan masyarakat, individu dengan individu, masyarakat dengan pemerintah, sengketa itu banyak sekali," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, sertifikat tersebut merupakan bentuk hak hukum atas tanah yang dimiliki. Jokowi juga meminta kepada pemilik sertifikat untuk mengingat betul luas dan letak tanah yang dimiliki.

"Kalau sudah pegang sertifikat harus ngerti, luasnya harus hapal, letaknya di mana harus ngerti," katanya.

Jokowi juga mengingatkan bagi pemegang sertifikat agar dapat memanfaatkannya dengan baik. Dia tidak melarang untuk menggadaikan sertifikat tersebut ke bank, namun harus dengan perhitungan yang baik.

"Saya titip dihitung betul, bisa enggak dicicil? Kalau enggak, nanti bisa hilang ini, bisa disita bank. Kalau hitungannya sudah betul, nggak apa-apa," katanya.

Sebanyak 2.850 sertifikat tersebut diserahkan untuk warga Jawa Timur di 8 Kabupaten/Kota, terdiri dari 1.100 penerima, Banyuwangi 300 penerima, Probolinggo 400 penerima, Lumajang 250 penerima, Bondowoso 250 penerima, Pasuruan 200 penerima, Kota Probolinggo 250 penerima dan Situbondo 150 penerima.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo berterima kasih dengan adanya program ini. Dia berharap sertifikat tanah untuk warga Jawa Timur lainnya bisa segera dibagikan.

"Kami mohon supaya dipercepat," katanya.

Sementara itu, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil mengatakan, pemerintah akan menerbitkan sebanyak 662.000 sertifikat hak atas tanah di Jawa Timur.

"Untuk Hari ini yang hadir 2.850 peserta yang akan terima sertifikat, yang terdiri dari 8 Kabupaten/Kota," katanya

Selain menyerahkan sertifikat tanah, Jokowi dijadwalkan melakukan penyerahan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di SMP yang berada di kawasan Kecamatan Patrang.

Jokowi juga dijadwalkan menyaksikan Jember Fashion Carnaval-16 "Victory" Grand Carnival. Kegiatan ini diadakan di Alun-Alun Kabupaten Jember. Sore harinya sebelum kembali ke Jakarta, Jokowi akan memberikan kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Jember.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo turut mendampingi Jokowi dalam kegiatan di Jember hari ini. Jokowi dan Iriana diperkirakan tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta petang hari nanti. (jor/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed