Follow detikFinance
Rabu 23 Aug 2017, 12:37 WIB

Begini Hitung-hitungan Pemprov DKI Soal Rumah DP Rp 0

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Begini Hitung-hitungan Pemprov DKI Soal Rumah DP Rp 0 Foto: Tim Infografis: Luthfy Syahban
Jakarta - Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di masa kampanyenya berjanji menyediakan rumah tanpa uang muka alias DP nol rupiah.

Menanggapi hal tersebut, Sekda DKI Jakarta Saefullah mengaku program tersebut bisa saja direalisasikan dengan beberapa syarat. Utamanya, harga rumah maksimal Rp 300 juta dengan perkiraan harga tanah per meternya Rp 3 juta.

Dalam hal ini, Pemprov DKI Jakarta bisa menalangi pembayaran uang muka sebesar 1% atau sebesar Rp 3 juta sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku.

"Kalau rumahnya Rp 300 juta, 1%-nya berdasarkan amanat undang-undang kita tutup Rp 3 juta. Tapi persoalannya kalau tempat tinggalnya atau rumah Rp 300 juta, maka harga tanahnya maksimal Rp 3 juta," ujar Sekda DKI Jakarta Saefyllah dalam Musda DPD REI DKI Jakarta di JS Luwansa, Jakarta Selatan, Rabu (23/8/2017).

Pihaknya pun mengungkapkan bahwa harga tanah yang murah di Jakarta saat ini masih bisa ditemui di pinggiran Jakarta. Para pengembang bisa memanfaatkan tanah di pinggiran Jakarta yang lebih murah untuk dibangun rumah dan dijual dengan harga murah atau sekitar Rp 300 juta.

"Ini sangat sulit di Jakarta, Cakung sudah selesai pinggir BKT, tinggal Marunda sama Rorotan itu masih bisa Rp 3 juta tapi masih butuh pematangan tanah," kata Saefullah.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga membuka peluang kerja sama dengan para pengembang untuk memanfaatkan aset tanah yang ada. Pengembang bisa membangun hunian dengan konsep vertikal untuk menampung banyak orang.

"Kita mungkin di lahan-lahan DKI Jakarta di aset DKI Jakarta bentuknya bisa kita diskusikan. Ada aset kita di Cakung, Marunda, Rorotan," tutur Saefullah. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed