Follow detikFinance
Rabu 15 Nov 2017, 20:32 WIB

Sandiaga Sebut Bank DKI Siap Dukung Rumah DP Rp 0

Muhammad Fida Ul Haq - detikFinance
Sandiaga Sebut Bank DKI Siap Dukung Rumah DP Rp 0 Foto: Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno (Zhacky/detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mendapat pemaparan kinerja dari BUMD Pemprov DKI, Bank DKI. Sandiaga menyebut Bank DKI akan siap mendukung pembiayaan program rumah DP Rp 0.

"Kalau skemanya tadi disampaikan oleh Pak Kresno dan teman-teman Bank DKI bahwa bank DKI siap. Dan hanya membutuhkan Pergub yang rencananya bisa dijadikan landasan pengecualian dari BI," kata Sandiaga di kantor Bank DKI, Petojo, Jakarta Pusat, Rabu (15/11/2017).

Sandiaga mengatakan saat ini Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Rakyat Agustini Darmawan tengah mematangkan konsep rumah DP Rp 0 menjadi Pergub. Dia menuturkan akan segera mengumumkan konsep tersebut kepada warga.

"Jadi Bank DKI sekarang saya berikan arahan untuk duduk bersama Kadis perumahan. Untuk memastikan bahwa nanti bank DKI bisa untuk menjadi lokomotif pendanaan dari perumahan DP Rp 0," terangnya.

Sementara itu, Dirut Bank DKI Kresno Sediarsi menuturkan pihaknya siap untuk mendukung program rumah DP Rp 0. Dirinya mengatakan menunggu Pergub untuk segera menjalankan program tersebut.

"Saya rasa apa yang disampaikan tadi bahwa kita memang untuk yang DP Rp 0 itu memang sesuai ketentuan dibutuhkan program. Peraturannya bentuk apapun kalau program itu bisa dijalankan," tuturnya.

Meski mengaku siap menjalankan program tersebut, ia mengatakan, Bank DKI butuh payung hukum dan objek pendanaan untuk menjalankan program rumah DP Rp 0. Karena, bila hanya mengacu pada aturan saat ini, program tersebut belum bisa dilakukan.

"Bank DKI siap, butuh pergub dan ada obyeknya. Kita ini selama ini kalau ada program seperti ini belum bisa ikut, obyeknya belum ada. Sehingga kalau mau melakukan pendanaan dengan ketentuan seperti sekarang belum bisa," terangnya. (fdu/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed