Follow detikFinance
Rabu 06 Dec 2017, 08:46 WIB

Fasilitas Ini Bakal Bantu Millenial Gampang Punya Rumah

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Fasilitas Ini Bakal Bantu Millenial Gampang Punya Rumah Foto: Tim Infografis, Mindra Purnomo
Jakarta - Generasi milenial dinilai memiliki potensi besar untuk penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) perbankan. Hal ini karena, masih banyak generasi milenial yang belum melirik perumahan untuk jangka panjang.

Direktur Bisnis Konsumer PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Anggoro Eko Cahyo menjelaskan strategi yang dijalankan BNI untuk menggarap pasar milenial antara lain dengan menawarkan produk yang sesuai dengan kemampuan milenial.

"Antara lain, suku bunga rendah mulai 7,1% efektif pa, fleksibilitas jangka waktu sanpai dengan 25 tahun, opsi cicilan berjenjang dan melakukan kerjasama dengan developer yang menawarkan properti terjangkau bagi kaum milenial," kata Anggoro saat dihubungi detikFinance, Rabu (6/12/2017).


Dia menjelaskan, BNI juga melakukan kampanye yang bersifat edukasi dengan hashtag #AmbilLangkahBerani miliki rumah saat ini. Dengan produk dan program tersebut, diharapkan milenial dapat memilki rumah saat ini namun tetap dapat menjaga lifestyle sesuai kebutuhan.

Direktur PT Bank CIMB Niaga Tbk Lani Darmawan menjelaskan sebagai bank, pihaknya terus memberikan pengaruh positif untuk generasi milenial dengan menyediakan jangka waktu cicilan yang lebih lama.

"Misalnya tenor bisa sampai 25 tahun, sehingga cicilan lebih terjangkau dan mereka tidak perlu mengorbankan fun life-nya," ujar dia.

Sementara itu dari sisi edukasi, CIMB Niaga memiliki gagasan gerakan #kejarmimpi bersama Maudy Ayunda. Lani menjelaskan ini untuk mendorong generasi milenial untuk mengejar mimpi termasuk bisa cepat mapan.

"Seperti memiliki pendidikan tinggi, karir dan termasuk hunian. Ini harus jadi gerakan massal supaya generasi muda kita sejak awal berpikir untuk memiliki hunian sendiri, bukan sebagai penyewa," jelas dia.


Komisaris Gradana.co.id, Freenyan Liwang menjelaskan, saat ini generasi milenial bisa memiliki rumah dengan cara yang mudah. Pasalnya saat ini ada platform online yang memungkinkan pihak yang ingin membeli rumah dengan investor yang menyediakan dananya. Skema pembiayaannya pun memungkinkan pihak pembeli untuk dapat melakukan cicilan uang muka hingga 36 kali.

"Pasar properti sangat dinamis dan tumbuh dengan cepat. Apalagi dengan adanya segmentasi milenial yang ternyata memberikan angin segar baru bagi industri properti tanah air, jelas berpengaruh terhadap meningkatnya kebutuhan akan pendanaan residensial. Kami mencoba menghadirkan solusi tersebut melalui platform digital ini," ungkapnya dalam siaran pers, dikutip detikFinance.

Freenyan menambahkan, prinsip kerja Gradana seperti lembaga keuangan pada umumnya namun dengan konsep peer to peer (p2p) lending yang mempertemukan peminjam dan pemberi pinjaman. Keunggulan Gradana salah satunya adalah memungkinkan pemberi pinjaman memilih sendiri kepada siapa dananya akan disalurkan.

"Tidak perlu khawatir mengenai keamanan dana yang telah dipinjamkan. Kami memberikan sistem pemantauan yang sistematis serta jaminan agunan properti. Bagi investor sendiri, menanam dana di platform ini lebih menguntungkan dibandingkan bunga deposito. Apalagi tingkat risikonya pun rendah," tegasnya.

Sebagai bentuk keseriusan dalam memberikan jaminan keamanan berinvestasi, Gradana telah terdaftar secara resmi di Kementerian Komunikasi dan Informasi serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Kami tidak saja ingin memberikan solusi, tapi juga keamanan dalam bertransaksi selayaknya lembaga keuangan yang sah. Saat ini kami masih terus melakukan edukasi kepada masyarakat bahwa di era digital seperti sekarang ini, ada solusi lain dalam memiliki aset properti dengan aman dan praktis melalui platform Gradana," pungkasnya.

(mkj/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed