Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 02 Mar 2018 10:53 WIB

DP Rp 0 Bukan Rumah Tapak Tapi Rusun

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Tim Infografis: Zaki Alfarabi Foto: Tim Infografis: Zaki Alfarabi
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan dan Wakilnya Sandiaga Uno sempat menggembar-gemborkan program down payment (DP) atau uang muka nol rupiah untuk rumah tapak. Namun hal tersebut justru ia tepis dan diganti menjadi rumah vertikal alias rumah susun (rusun).

Dalam situs resmi pemenangan Anies-Sandi semasa kampanye, pihaknya menjelaskan bahwa bentuk hunian yang akan dibangun, yakni rumah susun (rusun) dan bukan rumah tapak atau rumah di atas tanah dengan harga sekitar Rp 350 juta.

"Properti dalam program ini berbentuk hunian vertikal sederhana subsidi pemerintah dengan harga sekitar Rp 350 juta," tulis situs tersebut seperti ditulis Kamis (1/3/2018).


Lebih lanjut, dijelaskan juga mengapa dalam programnya tetap tertulis rumah. Hal ini mengacu pengertian bahwa rumah adalah hunian yang bisa berbentuk rumah tapak atau pun rumah susun.

"Penggunaan istilah 'rumah' merupakan istilah generik yang mengacu pada hunian, yang dalam hal ini berarti hunian vertikal," demikian tulis situs itu.

Sementara itu, mengenai lokasi hunian itu, Anies-Sandi mengatakan bahwa akan berada di DKI Jakarta memanfaatkan aset milik pemerintah yang selama ini tak digunakan alias menganggur. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed