Follow detikFinance
Selasa, 20 Mar 2018 12:36 WIB

Tujuan Jokowi Sebar Sertifikat Tanah yang Dibilang Amien Rais Ngibul

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Syahdan Alamsyah Foto: Syahdan Alamsyah
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus menggenjot pemberian sertifikat tanah untuk masyarakat. Dirinya kerap kunjungan kerja ke daerah dan membagikan sertifikat tanah secara langsung kepada masyarakat. Hal ini yang dituding oleh Politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais adalah pembohongan alias ngibul.

Lantas, untuk apa Jokowi membagi-bagikan sertifikat tanah gratis tersebut?

Dirjen Hubungan Hukum Keagrariaan Kementerian ATR/BPN Djamaluddin menyampaikan bahwa program bagi-bagi sertifikat ini tujuannya untuk bermacam hal, mulai dari persoalan legalitas hingga membantu perekonomian masyarakat.


"Itu tadi saya bilang mengenai dari aspek legalitas, kepastian hukumnya, tanah masyarakat itu bisa dipertanggungjawabkan kalau itu sudah pasti (punya sertifikat)," katanya kepada detikFinance, Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Dalam membantu ekonomi masyarakat, sertifikat yang telah mereka terima dapat dimanfaatkan untuk membantu akses permodalan ke perbankan, koperasi maupun jasa keuangan lainnya.

"Nantinya bisa dijadikan modal dalam artian kemanfaatan sertifikat itu sendiri, bisa bantu permodalan kalau itu dijaminkan, dengan hati-hati tentunya, dengan perhitungan," jelasnya.


Tanpa adanya sertifikat ini pun kerap membuat tumpang tindih kepemilikan lahan. Hal itu berkaitan dengan legalitas tanah itu sendiri yang dipertanyakan karena tidak ada sertifikatnya. Adanya sertifikat tanah ini diharapkan hal semacam itu bisa dihindari.

"Mencegah permasalahan tumpang tindih kan karena sudah terdaftar sehingga kemungkinan untuk adanya tumpang tindih itu kecil sekali atau mencegah itu semua, karena sudah terdaftar dan ada di data kita BPN," jelasnya.

"Kemungkinan kecil lah terjadi tumpang tindih dengan semua bidang-bidang tanah terdaftar atau disertifikatkan," tambah Djamaluddin.

(zul/zul)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed