Follow detikFinance
Selasa 21 Feb 2017, 21:40 WIB

Sudah Bayar Booking Fee Saja Bisa Batal, Apa Lagi Tanpa DP?

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Sudah Bayar Booking Fee Saja Bisa Batal, Apa Lagi Tanpa DP? Foto: Tim Infografis, Luthfy Syahban
Jakarta - Program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) tanpa uang muka alias DP ternyata bukan barang baru. Penawaran ini sudah marak ditawarkan pengembang sebagai strategi marketing atau penjualannya.

Sekretaris Perusahaan Intiland, Theresia Rustandi mengatakan, meski terbilang ampuh menjaring calon pembeli. Namun hal ini bukan tanpa risiko terutama bagi pengembang dan pihak perbankan yang menyalurkan KPR-nya.

Theresia menyebut, KPR tanpa DP berpotensi membuat cicilan bulanan menjadi membengkak. Risikonya, cicilan KPR bisa berhenti di tengah jalan dan membahayakan arus keuangan bank penyalur KPR yang bersangkutan.

"DP itu penting, dia (DP) menunjukkan komitmen dari si calon pembeli. Sekarang yang sudah bayar booking fee saja banyak yang batal. Itu karena tidak lulus KPR, atau cicilnya berhenti di tengah jalan," ujar Theresia saat ditemui di bilangan Jakarta Selatan, Selasa (21/2/2017).

Dengan karakteristik biaya cicilan yang tinggi, lanjut Theresia, KPR tanpa DP biasanya menyasar masyarakat kelas menengah dan kurang cocok untuk diterapkan pada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di bawah Rp 4 juta.

"Jadi pertanyaannya adalah, mampu enggak dibayar sama MBR? Yang kita bicarakan adalah MBR. Bukan kelas menengah yang gajinya di atas 7 juta," tambah dia. (dna/dna)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed