Follow detikFinance
Minggu 26 Mar 2017, 11:12 WIB

Tak Perlu di Tengah Kota, Kaum Milenial Bisa Beli Rumah di Pinggiran Jakarta

Fadhly F Rachman - detikFinance
Tak Perlu di Tengah Kota, Kaum Milenial Bisa Beli Rumah di Pinggiran Jakarta Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Ketersediaan rumah murah atau di bawah Rp 480 juta di tengah kota Jakarta terbilang minim. Rumah yang harganya lebih dari itu hanya mampu dibeli oleh masyarakat yang penghasilannya Rp 12 juta ke atas per bulannya. Padahal penghasilan kaum milenial Jakarta yang didominasi kisaran Rp 4 juta ke bawah.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Syarif Burhanuddin, mengatakan dengan gaji yang sebesar itu, tak perlu memaksakan membeli rumah di tengah kota Jakarta.

Syarif mengakui, memang harga rumah di Jakarta tergolong mahal. Namun, bukan berarti harga rumah di kawasan lain juga mahal. Menurutnya, harga rumah di pinggiran Jakarta masih ada yang bisa dijangkau oleh kaum milenial saat ini.

"Kalau rumah landed di kawasan Tangerang, Bogor, Depok, itu masih memungkinkan mencari rumah yang murah," kata Syarif kepada detikFinance, Jakarta, Minggu (26/3/2017).

Walau tak memberitahu di mana lokasi pastinya, namun Syarif mengatakan, harga rumah di kawasan tersebut masih ada yang berkisar Rp 200 jutaan. Jadi penghasilan Rp 4 juta hingga Rp 7 juta dengan kemampuan mencicil di kisaran Rp 2 jutaan masih sanggup untuk mendapatkan rumah.

"Misalnya penghasilan Rp 4 juta dia masih bisa punya rumah landed, tapi harus pinggiran-pinggiran itu. Kan masih ada harga 200 juta - Rp 300 jutaan misalnya di Depok atau Tangerang. Ya paling masalahnya yang jauh dari tengah kota," ujarnya.

Sembari membeli rumah di pinggiran Jakarta, kaum milenial yang bekerja di ibu kota juga bisa memanfaatkan rumah susun sederhana sewa (rusunawa). Tidak perlu memaksakan diri membeli rumah di tengah kota.

"Kalau belum mampu, sewa saja dulu. Jadi, mereka sewa dulu kan bisa menabung, sambil melihat lokasi dimana yang bisa kira-kira dibeli. Tidak perlu langsung ingin memiliki rumah," tandasnya. (dna/dna)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed