Follow detikFinance
Jumat 19 May 2017, 11:40 WIB

Tagih Tunggakan PBB Rumah Mewah, Pemprov DKI Langsung Door to Door

Hendra Kusuma - detikFinance
Tagih Tunggakan PBB Rumah Mewah, Pemprov DKI Langsung Door to Door Foto: Hendra Kusuma
Jakarta - Kelurahan Gondangdia, Jakarta Pusat mencatat terdapat 12 rumah di kawasan Menteng yang telah dipasangi papan pemberitahuan mengenai belum dibayarkannya pajak bumi dan bangunan (PBB).

Kasipem Kelurahan Gondangdia, Susi Suryanih mengatakan, aksi penagihan tidak bisa dilakukan langsung oleh pegawai kelurahan, melainkan dilakukan langsung oleh Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta.

"Kelurahan itu hanya koordinasi, kita hanya menghimbau kepada RT/RW saja melalui surat edaran dari kecamatan," kata dia kepada detikFinance, Jumat (19/5/2017).

Susi menyebutkan, khusus di kawasan Menteng yang dasarnya adalah perumahan mewah, tidak jarang pegawai kelurahan langsung terjun ke lapangan untuk mengirimkan surat edaran mengenai kewajiban pembayaran PBB.

"Kalau sudah ada perintah pegawai kita juga yang turun langsung, harus door to door," jelasnya.



Hasil penelusuran detikFinance, beberapa waktu lalu, kawasan perumahan mewah Menteng, Jakarta Pusat, masih terdapat beberapa rumah yang disegel oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lantaran belum membayar pajak bumi dan bangunan (PBB).



Setidaknya, ada empat rumah mewah yang di depan sudah terpampang palang pemberitahuan berkelir oranye dari Dinas Provinsi DKI Jakarta yang menyebutkan bahwa tanah dan bangunan ini belum melunasi PBB-P2.

Empat rumah tersebut tersebar di beberapa lokasi, seperti dua rumah di Jalan Jambu, tepatnya di samping Mess Pemda Kalimantan Tengah Jl. Cut Nyak Dien, Jakarta Pusat. Posisi dua rumah yang disegel ini berdampingan. (mkj/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed