Follow detikFinance
Kamis 08 Jun 2017, 13:00 WIB

Ada Rusun di Stasiun, Ngantor ke Kota Makin Mudah

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Ada Rusun di Stasiun, Ngantor ke Kota Makin Mudah Foto: Tim Infografis, Andhika Akbarayansyah
Jakarta - Rumah Susun Sederhana Milik (Rusunami) tak lama lagi hadir di beberapa stasiun di Jakarta dan Depok, yaitu di Stasiun Tanjung Barat dan Stasiun Pondok Cina. Hunian dengan konsep Transit Oriented Development (TOD) menjadi solusi masyarakat perkotaan untuk mengakses tempat kerja dengan mudah dan cepat.

Wakil Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno mengungkapkan, dengan adanya rusun di tempat strategis dan terhubung dengan stasiun memberikan kemudahan bagi masyarakat menengah ke bawah untuk menjangkau tempat kerjanya.

Sehingga mereka tidak perlu berangkat sebelum matahari terbit agar tiba tepat waktu di tempat kerjanya.

"Artinya kalau TOD ditaruh di perkotaan, kelas menengah ke bawah kan mereka butuh murah ya sewa saja buat mereka apalagi mereka tidak usah terlalu jauh untuk bekerja tidak perlu tidur di kantor," ujar Djoko saat berbincang dengan detikFinance, Jakarta, Selasa (6/6/2017).

Dengan terintegrasinya rusun ke stasiun, biaya transportasi pun bisa ditekan. Pasalnya, masyarakat tidak perlu lagi menggunakan transportasi umum untuk menuju stasiun ke tempat kerja.

"Biaya transportasi bisa ditekan lebih murah apalagi kalau luar negeri bahkan di China gitu untuk orang-orang yang mereka butuh ya," ujar Djoko.

Djoko juga mengungkapkan perlu dibuat beberapa hunian dengan konsep TOD di beberapa titik tengah kota Jakarta. Masyarakat yang memiliki pendapatan rendah atau masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) juga perlu disubsidi untuk memiliki tempat tinggal yang mudah dijangkau oleh transportasi umum.

"Mungkin beberapa pemukiman di tengah kota Jakarta masih ada lahan kereta api asal tidak diokupansi oleh pihak lain (selain MBR) ya. Untuk menengah ke bawah," tutur Djoko. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed