Follow detikFinance
Minggu 13 Aug 2017, 15:10 WIB

Gaji Rp 3,6 Juta Bisa Beli Rumah Rp 100 Jutaan di Pinggir Jakarta

Danang Sugianto - detikFinance
Gaji Rp 3,6 Juta Bisa Beli Rumah Rp 100 Jutaan di Pinggir Jakarta Foto: Danang Sugianto-detikFinance
Jakarta - Meski penjualan properti tengah lesu, namun kebutuhan akan perumahan masih besar. Terlebih saat ini masih banyak masyarakat menengah ke bawah yang belum memiliki rumah.

Kendati begitu masih banyak pengembang yang menyediakan perumahan dengan harga Rp 100 jutaan. Apalagi saat ini pemerintah gencar mendorong program 1 juta rumah yang mayoritas diperuntukkan bagi Masyarakat Berpengasilan Rendah (MBR).

Saat ini di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, tengah digelar pameran perumahan Indonesia Property Expo (IPEX) 2017 dari 11 Agustus hingga 20 Agustus 2017. Di pameran ini tersedia cukup banyak pilihan perumahan yang murah.

Rumah Rp 100 Jutaan di Pinggir JakartaRumah Rp 100 Jutaan di Pinggir Jakarta Foto: Danang Sugianto-detikFinance

Pameran ini setidaknya diikuti oleh 201 booth pengembang properti dengan rincian 117 booth non masyarakat berpenghasilan rendah, dan 84 booth khusus MBR. Khusus untuk perumahan bersubsidi juga tersebar baik di Tangerang, Serang, Bekasi, Cikarang, hingga Karawang.

Khusus yang MBR, setidaknya dibanderol dengan harga mulai dari Rp 110 juta hingga Rp 140 juta dengan DP 1% dan subsidi bunga.

Rumah Rp 100 Jutaan di Pinggir JakartaRumah Rp 100 Jutaan di Pinggir Jakarta Foto: Danang Sugianto-detikFinance

Berikut beberapa lokasi rumah murah yang dijual dalam pamerah rumah di JCC. Seperti Green Permata di Cikarang, Griya Srimahi Indah di Kabupaten Bekasi, Pesona Indonesia Cilejit di Kabupaten Tangerang, Griya Budiman Asri di Karawang, Puri Kencana di Cikande Kabupaten Serang, Puri Harmoni di Parung Panjang, Primavera Residenance di Cibinong, Kabupaten Bogor, Griya Artha Sepatan Kabupaten Tangerang, Nirwana Bojong Residence, dan banyak lainnya.

Untuk rumah MBR ini rata-rata cicilan perbulannya sekitar Rp 1,5 juta sampai dengan Rp 2 juta per bulan. Seperti di Samasta Ciseeng, harganya per unitnya sebesar Rp 155,5 juta. Namun karena non subsidi cicilan perbulan untuk 25 tahun sekitar Rp 1,2 juta.

Menurut Rini, syarat untuk pengajuan KPR minimal harus memiliki gaji 3 kali dari besaran cicilan. Jika cicilan Rp 1,2 juta itu artinya gaji yang harus dimiliki adalah Rp 3,6 juta.

"Syaratnya memang gajinya juga harus dilihat dulu," tuturnya kepada detikFinance di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (13/8/2017).

Rumah Rp 100 Jutaan di Pinggir JakartaRumah Rp 100 Jutaan di Pinggir Jakarta Foto: Danang Sugianto-detikFinance

Namun untuk rumah bersubsidi tentunya berbeda fasilitas dan kualitas bangunannya dengan rumah non subsidi. Kebanyakan rumah bersubsidi minim akan fasilitas.

Untuk di Samasta Ciseeng hanya memiliki sebuah taman bermain. Tidak ada fasilitas lainnya.

Sementara untuk spesifikasi bangunan biasanya juga menggunakan bahan-bahan biasa. Seperti di perumahan Kota Kahuripan, di perumahan ini bangunannya menggunakan dinding beton ringan, untuk struktur menggunakan beton bertulang, rangka atap baja ringan, genteng metal roof dan kusen kayu lokal. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed