Follow detikFinance
Selasa, 17 Okt 2017 07:46 WIB

Pencakar Langit Milik Orang Terkaya Hong Kong Terjual Rp 69,5 T

Wahyu Daniel - detikFinance
Gedung The Centre Tertinggi (Foto: AFP) Gedung The Centre Tertinggi (Foto: AFP)
Hong Kong - Menara pencakar langit milik orang terkaya Hong Kong, Li Ka-Shing, terjual dengan harga US$ 5,15 miliar atau sekitar Rp 69,5 triliun. Properti ini menjadi ikon di Hong Kong.

Penjualan ini mengindikasikan bahwa sektor properti di Hong Kong belum menunjukkan perlambatan.

Aset properti bernama The Centre ini dimiliki oleh CK Asset milik Li Ka-Shing. CK Asset melepas 75% sahamnya di The Centre yang berlokasi di distrik bernama Central. Saham itu dijual ke perusahaan energi China.

Demikian dilansir AFP dari Hong Kong Economic Journal, Selasa (17/10/2017).

The Centre merupakan menara pencakar langit nomor lima di Hong Kong, dan akan menjadi gedung termahal di Hong Kong bila memang jadi terjual US$ 5,15 miliar (40,2 miliar dolar Hong Kong).

Nilai transaksi ini bakal mengalahkan penjualan kawasan komersial, yang dijual pemerintah ke Henderson Land, yang dijual kepada orang terkaya nomor dua di Hong Kong, yaitu Lee Shau-kee, dengan nilai 23,28 miliar dolar Hong Kong.

Pembelian The Centre ini membuat saham CK Asset naik 2,62% menjadi 66,5 dolar Hong Kong per lembar pada Senin kemarin. Kesepakatan penjualan akan diumumkan segera, dan nama gedung akan diubah.

Pasar properti di Hong Kong menjadi isu politik, karena harga properti di Hong Kong menjadi salah satu yang termahal di dunia. Ini membuat banyak warga tidak mampu membeli dan menyewa rumah.

Harga properti komersial dan residensial di Hong Kong banyak dibeli oleh investor dan pengembang dari China. (wdl/wdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed