Follow detikFinance
Sabtu 18 Nov 2017, 16:34 WIB

Kota Baru di Maja Sediakan 1.000 Rumah DP 1%

Hendra Kusuma - detikFinance
Kota Baru di Maja Sediakan 1.000 Rumah DP 1% Foto: Hendra Kusuma
Lebak - Ciputra Group tengah mengambangkan kota baru di daerah Maja, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Lahan yang luasnya 2.000 hektar ini sudah mulai pembangunan 10.000 unit rumah yang dilakukan secara bertahap.

Dari 10.000 unit tersebut, 8.000 unit rumah merupakan khusus masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) non subsidi yang harganya sekitar Rp 200 jutaan ke bawah, sedangkan sisanya untuk bangunan komersial.

Direktur Ciputra Residance Mary Octo Sihombing mengatakan, pada tahun depan akan dibangun 1.000 unit rumah subsidi dengan skema fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) khusus MBR. Rumah ini, dipastikan menggunakan skema yang telah ditetapkan pemerintah, dalam hal ini uang muka (DP) sebesar 1% dengan bunga 5% sampai lunas.

"Masih sesuai program pemerintah tentang KPR subsidi, kita ikuti program yang ada nanti di tahun 2018, yang pasti itu KPR subsidi untuk MBR," kata Octo di Kota Baru Maja, Lebak, Sabtu (18/11/2017).

Saat ini, kata Octo, Ciputra Group masih memproses pematangan tanah dan infrastruktur penunjang lainnya. Namun, dirinya memastikan, 1.000 unit rumah subsidi dengan tipe 27/60 dan 22/60 ini akan dipasarkan pada tahun depan.

"Nanti di tahun 2018, sekarang lagi pekerjaan pematangan tanah dan infrastrukturnya," ungkap dia.


Dia mengungkapkan, infrastruktur transportasi yang bisa dimanfaatkan masyarakat menuju kota baru Maja ini yang paling ideal dan cepat adalah kereta listrik (KRL) Jabodetabek. Meskipun terdapat jalan provinsi yang sudah ada.

Octo menuturkan, setidaknya Jakarta menuju Maja bisa diakses selama 1 jam 30 menit dari Stasiun Tanah Abang ke Stasiun Maja.

"Akses yang bisa dinikmati jalan provinsi yang sudah ada, lalu renana jalan nasional Pamulang-Rangkas Bitung, dan kereta api commuter line," ungkap dia. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed