Follow detikFinance
Senin 20 Nov 2017, 16:16 WIB

Ingin Punya Rumah di Pondok Indah Seperti Novanto? Gaji Harus Rp 1 M/Bulan

Danang Sugianto - detikFinance
Ingin Punya Rumah di Pondok Indah Seperti Novanto? Gaji Harus Rp 1 M/Bulan Foto: Danang Sugianto/detikFinance
Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto diketahui juga memiliki rumah di bilangan Pondok Indah. Harga rumahnya diperkirakan mencapai Rp 81 miliar.

Jika saja rumah tersebut dibeli dengan skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR), berapa sekiranya cicilan yang harus dibayarkan?

detikFinance menjajal perhitungan dari kalkulator KPR BTN. Dengan harga sebesar itu maka uang muka yang harus dibayarkan dengan asumsi 30% yakni Rp 25,2 miliar.

Lalu dengan suku bunga fix 8,5% maka cicilan per bulannya mencapai Rp 454,36 juta dengan masa angsuran selama 25 tahun. Cicilan itu pun belum memperhitungkan turun naiknya suku bunga. Itu pun belum terhitung biaya notaris yang diperkirakan mencapai Rp 1,1 miliar.


Dengan cicilan KPR sebesar Rp 454,36 juta maka seharusnya sang pemiliki rumah memiliki pemasukan per bulan sebesar Rp 1,36 miliar. Sebab menurut Menurut Financial Planner dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini, untuk membeli rumah sebaiknya mengambil cicilan maksimal 30% dari total pemasukan setiap bulannya.

Diketahui juga, Novanto memiliki rumah mewah di Jalan Wijaya XIII No. 19, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Sebuah kawasan elit yang berisi rumah-rumah megah.

Rumah Setnov berada di titik persimpangan atau yang biasa disebut hook. Dibangun dengan model baru yang terdiri dari 4 lantai di atas lahan seluas 1.600 meter per segi, rumah Setnov diperkirakan berharga hingga Rp 204,8 miliar.

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed