Follow detikFinance
Rabu 22 Nov 2017, 12:11 WIB

Laporan dari Singapura

Singapura Jamin Warganya Bisa Punya Rumah

Maikel Jefriando - detikFinance
Singapura Jamin Warganya Bisa Punya Rumah Foto: Maikel Jefriando/detikFinance
Singapura - Pemerintah Singapura memiliki otoritas khusus dalam hal penyediaan rumah untuk masyarakat. Adalah Badan Pembangunan dan Perumahan (HDB) yang berada di bawah kontrol dari Kementerian Pembangunan Nasional.

"Sebanyak 82% dari populasi penduduk, tinggal di HDB flat," ungkap Direktur HBD Hazel Chua saat berbincang dengan perwakilan jurnalis ASEAN di kantornya, Singapura, Rabu (22/11/2017).

Data menunjukkan, 3,9 juta orang hidup di Singapura yang seluas 719,2 km2 dengan tingkat kepadatan penduduk 7.797 orang per km2. Populasi tumbuh 0,8% setiap tahunnya. Rata-rata rumah tangga adalah 3,35 orang.

Sementara itu, pendapatan per kapita nasional mencapai SGD 70.828 di 2016. Rata-rata penghasilan tenaga kerja (2015) adalah SGD 4.892 per bulan.

"HDB melihat kebutuhan untuk menyediakan perumahan untuk masyarakat. Bagi yang penghasilan rendah juga bisa banyak subsidi yang bisa diberikan," jelasnya.

Pemerintah Singapura mengalokasikan dana cukup besar untuk program tersebut, yaitu 3,9% dari total belanja SGD 76,1 miliar Itu juga sudah termasuk subsidi bagi yang berpenghasilan rendah.

Selain mengandalkan dana pemerintah, HBD juga menarik pembiayaan dari penerbitan surat utang dan pinjaman bank. Sejauh ini investor cukup tertarik untuk menempatkan dana, baik dari jangka pendek maupun menengah.

HBD telah membangun 1,020 juta properti, di mana 91,8% untuk penjualan, sebanyak 5,4% disewakan dan sisanya untuk berbagai aktivitas bisnis lainnya. (mkl/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed