Follow detikFinance
Rabu 06 Dec 2017, 09:35 WIB

Hey Generasi Milenial, Cicil Rumah dari Sekarang!

syl - detikFinance
Hey Generasi Milenial, Cicil Rumah dari Sekarang! Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Tak hanya di Indonesia, tapi juga di negara lain generasi milenial disebut 'kurang' tertarik memiliki hunian atau tempat tinggal. Hal ini karena milenial dinilai lebih menyukai travelling dan mendapatkan pengalaman dibandingkan memiliki rumah.

Ekonom PT Bank Central Asia Tbk (BCA) David Sumual menjelaskan, generasi milenial harus bisa seimbang antara gaya hidup fun dengan kebutuhan rumah. Menurut David, hal ini bertujuan agar mereka memiliki tempat tinggal dengan cara yang juga menyenangkan.

"Mereka harus berimbang, meskipun mereka bisa membeli atau mencicil agak jauh dari tempat kerja, tapi kan punya tempat tinggal. Meskipun banyak yang bilang, lebih baik sewa saja, atau tinggal dengan orang tua saja, kalau sudah memiliki rumah akan lebih tenang," ujar David saat dihubungi detikFinance, Rabu (6/12/2017).

Menurut David, jika masa sewa diprediksi lebih dari 5 tahun, maka sebaiknya mengambil cicilan kredit pemilikan rumah (KPR). Hal ini karena, cicilan tidak terlalu berat dan lama kelamaan akan menjadi milik sendiri. Apalagi harga sewa juga setiap tahunnya akan terjadi peningkatan.

Dia menjelaskan, waktu yang tepat untuk mencicil atau membeli rumah adalah sekarang, meskipun harga memang cukup mahal. "Lebih baik cicil dari sekarang, karena lama-lama pasti akan lebih mahal," ujar dia.


David mengungkapkan, generasi milenial bisa memanfaatkan program Fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP), atau yang sedang gencar dibangun saat ini Transit oriented development (TOD) yang ada di stasiun-stasiun karena lebih efisien.

"TOD, apartemen subsidi bisa jadi solusi, karena lebih praktis dan harganya lebih murah. Lalu juga sesuai dengan style mereka," jelas dia.

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed