Follow detikFinance
Kamis 21 Dec 2017, 11:28 WIB

Bos Alibaba Punya Rumah Termahal Kedua di Dunia, Harganya Rp 2,5 T

Zulfi Suhendra - detikFinance
Bos Alibaba Punya Rumah Termahal Kedua di Dunia, Harganya Rp 2,5 T Foto: Hong Kong Free Press
Jakarta - Miliuner pendiri Alibaba, Jack Ma punya rumah mewah di Hong Kong. Rumah 4 lantai punya Jack Ma ini adalah rumah kedua termahal di dunia.

Diberitakan media lokal Hong Kong, HKFP, dikutip Kamis (21/12/2017), Jack Ma membeli rumah tersebut seharga 1,5 miliar dolar Hong Kong pada 2015 lalu. Nilai itu setara Rp 2,55 triliun jika dihitung dengan kurs saat ini sekitar Rp 1.700 per dolar Hong Kong.

Istana itu terletak di 22 Barket Road Hong Kong. Dibangun di 1949 dan direnovasi pada awal tahun 2000-an oleh arsitek lokal dari KLS Planners, Karl Shiu Ka-leung.


Nah, Jack Ma membelinya dari Yuen Tin-fan, mantan CEO Hong Kong Stock Exchhane dan istrinya Ros lee Wai-mun, Direktur Utama Hang Seng Bank.

Ma mengeluarkan kocek 150.000 dolar Hong Kong per meter persegi untuk rumah 4 lantai itu. Diberitakan, itu adalah nilai pembelian rumah kedua tertinggi setelah harga rumah di Nice, Prancis, menurut Hong Kong Economic Journal.

Melihat sejarah, rumah itu bekas konsulat jenderal Belgia. Yuen membelinya di tahun 2000 lalu kemudian merenovasinya. Rumah yang asalnya bergaya kuno dan penuh nilai sejarah bertransformasi menjadi rumah modern bertingkat 4 yang kemudian dilego ke Jack Ma sekitar 15 tahun kemudian.


Proyek merenovasi rumah ini menghabiskan waktu 2 sampai 3 tahun dengan material yang diimpor. Rumah ini punya 4 kamar mewah, 3 kamar mandi dan 7 ruang keluarga. Rumah mewah ini juga dilengkapi 4 balkon besar dan halaman di atap. Jack Ma bisa menikmati pemandangan 220 derajat ke hamparan pelabuhan Victoria Harboour.

Kemudian di samping rumah ada kebun pribadi seluas 20.000 meter persegi, termasuk halaman rumput dan hutan mini.

Yuen sendiri pada tahun 2000 lalu membeli properti ini seharga 163,5 juta dolar Hong Kong. (zlf/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed