Follow detikFinance
Kamis 21 Dec 2017, 12:04 WIB

Tinggal di Rumah Rp 2,5 T, Dulu Bos Alibaba Tidur di Apartemen Kecil

Zulfi Suhendra - detikFinance
Tinggal di Rumah Rp 2,5 T, Dulu Bos Alibaba Tidur di Apartemen Kecil Foto: CNBC
Jakarta - Pendiri Alibaba Jack Ma memiliki rumah senilai Rp 2,5 triliun di Hong Kong. Itu merupakan rumah termahal dunia kedua setelah rumah yang dibeli Pangeran Arab di Prancis senilai Rp 4,3 triliun.

Siapa sangka, Jack Ma bisa membeli rumah super mahal itu karena sebelumnya, salah satu orang terkaya China ini tinggal di sebuah apartemen kecil.

Dilansir CNBC, Jack Ma pada 1999 tinggal di sebuah apartemen dengan istrinya di Hangzhou, China. Di situ lah dia menciptakan ide untuk mengembangkan Alibaba, yang kini jadi perusahaan teknologi raksasa.


Apartemen itu kini jadi tempat suci. Orang ingin melihat ke dalam, dan sering bertanya-tanya' bagaimana sih tempat Jack Ma dan rekan-rekannya dulu menciptakan Alibaba'.

Bertahun-tahun lalu, Jack Ma memutuskan bahwa dia akan mengirimkan programmer terbaiknya, desainer web, dan product manager kembali ke apartemen di mana semua dimulai. Harapannya, untuk menumnuhkan semangat dan menginspirasi untuk membuat produk Alibaba berikutnya. Terbukti, beberapa produk Alibaba diluncurkan dari apartemen seperti Alipay, TMall, jjuga Taobao.

Jika dibanding dengan kantor Alibaba sekarang yang lebih sering dibilang kampus Alibaba, apartemen ini belum ada apa-apanya. Jelas saja, ini hanya sebuah apartemen 6 kamar sedangkan kampus Alibaba diisi bangunan-bangunan besar.

Juga jika dibandingkan dengan rumah mewah Jack Ma yang ia beli di 2015. Rumah senilai Rp 2,5 triliun itu berdiri 4 lantai dan punya fasilitas mewah, sedangkan apartemen Jack Ma dulu hanya sebuah ruangan kecil tempat dia tinggal dengan istrinya.

Kini Punya Rumah Rp 2,5 T, Dulu Jack Ma Tidur di Apartemen KecilFoto: Hong Kong Free Press




(zlf/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed