Rusun DP Rp 0 Siap Huni 1,5 Tahun Lagi

Muhammad Fida Ul Haq - detikFinance
Kamis, 18 Jan 2018 14:38 WIB
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan groundbreaking program Rumah DP Rp 0 pertama di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Kapan bisa dihuni?

"Saya harap kepada developer dua-duanya supaya bisa mengerjakan proyek ini tepat waktu. Bukan hanya tepat waktu, lebih awal daripada target. Kalau bisa lebih awal dari target Rp 1,5 tahun. Dan saya berharap ini jadi rujukan, mari dijaga sama-sama," ujar Anis saat pidato di acara Groundbreaking Rumah DP Rp 0 di Pondok Kelapa Village, Jakarta, Kamis (18/1/2018).

[Gambas:Video 20detik]


Ada beberapa tipe rumah akan dibangun di proyek yang berlokasi di Jalan Haji Namat, Pondok Kelapa ini. Di antaranya tipe 36 meter persegi dan tipe 21 meter persegi.

"Harga yang ditawarkan yaitu Rp 320 juta untuk tipe 36 m2 dan Rp 185 juta untuk tipe 21 m2.

"Kami percaya harga ini terjangkau untuk warga Jakarta," ucapnya.


Pada saat kampanye dulu, Anies menekankan program DP Rp 0 ini akan berbentuk rumah tapak di tengah kota Jakarta. Namun belakangan Anies merevisi rencananya menjadi rumah lapis.

Namun pada saat groundbreaking di daerah Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Program DP Rp 0 ini berubah lagi menjadi rusun (rusun).

"Program ini kita akan laksanakan untuk warga memiliki rumah. Kriterianya adalah rumah susun sederhana milik (rusunami) dan kita ingin agar mereka yang tinggal di Jakarta hak asasinya terpenuhi. Karena salah satunya adalah rumah tinggal," kata Anies.

(ang/zlf)