Follow detikFinance
Kamis 08 Feb 2018, 14:17 WIB

Pemerintah Sediakan 1.150 Rumah Layak Huni untuk Warga Asmat

Trio Hamdani - detikFinance
Pemerintah Sediakan 1.150 Rumah Layak Huni untuk Warga Asmat Foto: wilpret
Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah merancang program penyediaan perumahan di Kabupaten Asmat, Papua, guna meningkatkan taraf hidup warga di sana.

Kata Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR, Arie Setiadi Moerwanto, sedikitnya ada 1.150 rumah yang bakal dibangun di sana. Masing-masing, 1.000 rumah swadaya dan 150 rumah khusus.

"Teman-teman (Direktorat Jenderal) Penyediaan Perumahan punya program 1.000 rumah swadaya," katanya dalam konferensi pers di Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Kamis (8/2/2018).


Skema persyaratannya sendiri akan dibuat sedemikian rupa agar tidak menyulitkan warga di Asmat. Di rumah ini, kata dia juga akan dilengkapi dengan fasilitas air bersih yang memadai, lengkap dengan kamar mandi dan dapurnya.

Di tahun ini pun akan dibangun 150 rumah khusus. Desain dari rumah khusus ini akan menyesuaikan dengan karakteristik warga di sana.



Sebelumnya, Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan sudah membangun 57 rumah di wilayah tersebut.

"Kita coba lihat bagaimana kondisi dan langkah yang sudah dilakukan. Kalau lihat di sini ,ini langkah yang sudah dilakukan Ditjen Perumahan, itu sudah dibangun 57 rumah," jelasnya.

Namun masih ada tantangan bagaimana menciptakan konektivitas antar permukiman yang ada di sana. Seperti diketahui di Asmat terdapat 23 distrik yang dipisahkan oleh rawa-rawa.

Direktur Keterpaduan Infrastruktur Permukiman Kementerian PUPR, Dwityo Akoro Soeranto menambahkan bahwa rumah-rumah di sana belum memiliki fasilitas untuk buang air besar, sehingga masalah ini juga turut membuat hidup masyarakat di sana kurang sehat.

"Intinya adalah perubahan perilaku, berperilaku sehat. Tadi dicontohkan, pada satu rumah tidak ada yang punya WC. WC-nya ada di luar rumah," lengkapnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed