Follow detikFinance
Selasa, 24 Apr 2018 14:16 WIB

Lansia Tinggal di Rusun, Bayar Sewanya Rp 3,5 Juta/Bulan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Achmad Dwi/detikFinance Foto: Achmad Dwi/detikFinance
FOKUS BERITA Rusun Khusus Lansia
Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun rumah susun sewa (rusunawa) khusus untuk orang tua usia lanjut (lansia). Namun, tak semua lansia bisa tinggal di sana.

Pengurus Yayasan Ria Pembangunan, Sulistiani Sujudhi menerangkan, syarat untuk tinggal di rusun tersebut ialah kemauan lansia itu sendiri. Dia mengatakan, lansia tidak boleh dipaksa untuk menempati rusun.

"Atas kemauan sendiri tidak boleh keluarga menaruh. Harus kemauan diri sendiri," kata dia kepada detikFinance di Cibubur Jakarta, Selasa (24/4/2018).


Selanjutnya, dia mengatakan, minimal usia lansia ialah 60 tahun. Lalu, mesti ada pihak keluarga seperti anak dan ponakan yang menanggung biaya sewa. Biaya untuk sewa rusun ini Rp 3,5 juta per bulan.

Dia menambahkan, nantinya pengelola juga akan melakukan survei ke keluarga untuk melihat kemampuan bayarnya.

"Nanti tanda tangan, keluarganya juga backup tanda tangan. Kita survei juga. Survei lapangan siapa yang bertanggung jawab ibu atau bapak itu," ujar dia.



Lebih lanjut, penghuni rusun sendiri diharapkan dalam keadaan yang sehat dan mandiri. "Kemudian mandiri, diharapkan yang mandiri, tidak tergeletak nggak bisa apa-apa," tutupnya. (zlf/zlf)
FOKUS BERITA Rusun Khusus Lansia
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed