Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 22 Feb 2019 11:34 WIB

Jokowi Bagikan 3.000 Sertifikat Tanah ke Warga Jaksel

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: dok. Kementerian ATR/BPN Foto: dok. Kementerian ATR/BPN
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini membagikan 3.000 sertifikat tanah ke warga Jakarta Selatan. Pembagian dilakukan secara simbolik di Gelanggang Remaja Pasar Minggu ke beberapa warga.

"Semua sudah diberikan sertifikat, coba diangkat, saya ingin tahu betul, seremoni yang maju tadi sudah, semuanya. Saya hitung satu, dua (...) 33, 3.000," kata Jokowi di Jakarta, Jumat (22/2/2019).

Jokowi mengaku sengaja menghitung dan memerintahkan masyarakat untuk mengangkat sertifikat untuk memastikan bahwa masyarakat Jakarta Selatan yang hadir di Gelanggang Remaja Pasar Minggu sudah mendapatkan sertifikat tanah.

"Kalau dulu kan senangnya seremonial, 12 orang maju, yang lain belum, kalau sekarang semuanya angkat," ujar Jokowi.

Lewat program reforma agraria, Kepala Negara menyebut akan memberikan sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat guna meminimalisir masalah sengketa lahan yang sering terjadi.

"Kenapa sertifikat diberikan, tidak hanya di Jakarta, karena saya setiap pergi ke desa, sengketa lahan di mana-mana, ini harus kita sampaikan adanya, nggak di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, yang namanya sengketa, kalau sengketa tanah ini di manapun ramai," ungkap Jokowi.



Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan penyerahan sertifikat ini dilakukan kepada warga yang berasal dari 16 kelurahan di Jakarta Selatan.

"Sebanyak 3.000 di Jakarta Selatan, 2.000 itu berasal dari 16 kelurahan, seperti, Bintaro, Pondok Labu, Cilandak, Jati Padang," ajar Anies.

Menurut Anies, pemberian sertifikat tanah ini memberikan kepastian hukum bagi masyarakat.

Selanjutnya, Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil mengatakan masih ada sekitar 36.000 bidang tanah di Jakarta yang belum disertifikat. Dia menargetkan akan menyelesaikannya sampai akhir tahun ini.



Simak juga video Anies Dampingi Jokowi Bagikan 3.000 Sertifikat Tanah di Jakarta:

[Gambas:Video 20detik]


Jokowi Bagikan 3.000 Sertifikat Tanah ke Warga Jaksel
(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com