Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 29 Apr 2019 17:16 WIB

Soal Lokasi Ibu Kota Baru, Jokowi: Wapres Usulkan Mamuju

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) mengusulkan Mamuju sebagai calon ibukota baru Indonesia.

Hal itu diungkapkannya usai memutuskan bahwa pemindahan ibu kota harus ke luar Pulau Jawa. Pilihan tersebut diambil dari tiga alternatif hasil kajian Bappenas.

"Pak Wapres silakan, tadi bisik-bisik mengusulkan Mamuju," kata Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/4/2019).

Awalnya, Presiden Jokowi menjelaskan mengenai alasan diputuskannya ibu kota Indonesia harus pindah ke luar Pulau Jawa. Menurut dia, banyak aspek yang mendasari keputusan tersebut. Seperti, banjir, kemacetan, dan perekonomian Indonesia.

"Ini kita bicara bukan hanya Jakarta, tapi berbicara mengenai Pulau Jawa. Data yang saya terima penduduk di Jawa sudah 57% dari total penduduk kita. Di Sumatera 21%, di Kalimantan 6%, nah ini masih 6%, baru 6%. Sulawesi 7%. Papua-Maluku 3%. Pertanyaannya, apakah di Jawa mau ditambah?" kata Jokowi.


Menurut Jokowi, tujuan dari pemindahan ibukota Indonesia agar perekonomiannya bisa tumbuh merata dan tidak lagi terfokus pada Pulau Jawa.

"Dan juga tadi sudah disampaikan juga ada pencemaran yang berat. Di Pulau Jawa, sungai besar di Pulau Jawa termasuk 10 sungai yang paling tercemar di dunia," ujar dia.

Oleh karena itu, Jokowi memutuskan untuk memindahkan ibu kota Indonesia ke luar Pulau Jawa.

Sementara itu, Wakil Presiden JK mengatakan soal wacana pemindahan ibu kota harus dipikirkan secara matang. Mulai dari yang paling mudah hingga yang paling sulit harus dipersiapkan dengan baik.

"Pertama ini jangka panjang, jadi kita merencanakan tentu yang pindah pemerintah, yang lain yang pindah. Kedua memang lokasi," ungkap JK.




Tonton video Jokowi Restui Ibu Kota Pindah ke Luar Pulau Jawa:

[Gambas:Video 20detik]


Soal Lokasi Ibu Kota Baru, Jokowi: Wapres Usulkan Mamuju
(hek/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed