Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 01 Mei 2019 15:26 WIB

Alasan Ibu Kota Diusulkan di Palangka Raya: Bebas Gempa & Tsunami

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Tugu di kota Palangka Raya/Foto: Eduardo Simorangkir Tugu di kota Palangka Raya/Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta - Netizen menyampaikan usulan calon ibu kota baru dalam polling yang digelar di Twitter detikFinance. Dari polling yang digelar sejak siang kemarin Selasa (30/4/2019) dan ditutup pada hari ini, Rabu (1/5/2019) pukul 13.00, netizen paling banyak memilih Palangka Raya sebagai lokasi ibu kota baru.

Palangka Raya memperoleh persentase paling banyak dengan 49%. Kemudian disusul wilayah lain-lain 24%, Samarinda/Balikpapan 21%, dan Mamuju 6%.

Netizen punya alasan memilih Palangka Raya sebagai lokasi ibu kota baru. Salah satunya, karena Palangka Raya aman dari gempa dan tsunami. Hal itu diungkap oleh akun @bangmeang.


"Palangka Raya bebas banjir, bebas tsunami, bebas gempa, areanya luas," katanya.

Senada, hal itu juga diungkapkan oleh @herrystiatno. Dia bilang, Palangka Raya jauh dari laut sehingga aman dari tsunami.

"Palangka Raya wilayahnya luas dan berada di tengah tidak berdekatan dengan laut sehingga aman dari bencana tsunami," ujarnya.

Selain itu, ada juga netizen yang beralasan, lokasi Palangka Raya di tengah-tengah Indonesia. Sehingga, posisinya strategis untuk memangkas biaya logistik.


"Palangka Raya mengingat lokasinya yang pas di garis khatulistiwa dan tengah negara Indonesia, untuk menghemat biaya logistik di Indonesia yang sangat besar karena sebelumnya terpusat di Pulau Jawa," kata akun @imamrais.

Kemudian, ada juga akun @bHule_Unang yang memilih Palangka Raya karena telah direncanakan oleh Presiden Pertama Soekarno.

"Palangka Raya merealisasikan apa yang sudah direncanakan serta diinginkan presiden pertama kita #IrSoekarno," ujarnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com