Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 06 Mei 2019 17:46 WIB

Di Depan Fahri Hamzah Cs, Jokowi: Kita Serius Pindahkan Ibu Kota

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Ray Jordan/detikcom Foto: Ray Jordan/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku serius akan memindahkan ibu kota negara ke luar Pulau Jawa. Wacana tersebut pun diungkapkan langsung di depan para pejabat lembaga negara.

"Mumpung bertemu ketua dan pimpinan lembaga negara, saya ingin menyinggung sedikit yang berkaitan dengan pemindahan ibu kota," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (6/5/2019).

Turut hadir, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD Osman Sapta Odang (OSO), pimpinan pejabat yudikatif, dan beberapa menteri kabinet kerja.

"Kita serius dalam hal ini," tegas Jokowi.


Keseriusan pemerintah dalam memindahkan ibu kota, kata Jokowi sudah dibicarakan secara internal sejak tiga tahun lalu, dan sudah dilakukan kajian sejak satu setengah tahun yang lalu.

Adapun, kajian yang dilakukan Bappenas mulai dari ekonomi, sosial, politik, hingga lingkungan. Sebab, Pulau Jawa sudah menampung 149 juta orang atau 57% dari total penduduk Indonesia.

"Oleh sebab itu, kami akan tindak lanjuti, konsultasi ini dengan lembaga negara terkait dengan ini, baik dari sisi hukum dan politisnya," ungkap dia.



Simak Juga 'Seberapa Urgensinya Ibu Kota Dipindah?':

[Gambas:Video 20detik]

Di Depan Fahri Hamzah Cs, Jokowi: Kita Serius Pindahkan Ibu Kota
(hek/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed