Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 18 Jun 2019 13:58 WIB

Bukit Soeharto Cocok Jadi Lokasi Ibu Kota Baru

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Eduardo Simorangkir Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) menyebut Kalimantan sudah hampir pasti menjadi calon ibu kota negara Indonesia yang baru.

Ada dua provinsi yang berpotensi, yaitu Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Kalimantan Timur (Kaltim). Namun, Kaltim dinilai lebih unggul menjadi menjadi ibu kota negara baru lantaran kondisi daerahnya yang mendukung. Lantas di mana lokasinya?

Menurut Pengamat Tata Kota, Yayat Supriatna mengatakan lokasi yang cocok dijadikan ibu kota negara yang baru adalah daerah Bukit Soeharto di Kawasan Taman Hutan Raya, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Karena di tengah Samarinda dan Balikpapan," kata Yayat saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Selasa (18/6/2019).


Yayat menjelaskan, jika Bukit Soeharto menjadi ibu kota negara yang baru maka infrastruktur daerah tersebut hanya tinggal disempurnakan. Pasalnya, sudah ada dua bandara dan jalan tol yang bisa memudahkan mobilitas barang maupun penumpang.

Hanya saja, kata Yayat, memutuskan Bukit Soeharto sebagai wilayah ibu kota negara yang baru bukan menjadi keputusan mudah. Pasalnya, wilayah tersebut sebagai kawasan hutan lindung.

Sehingga, pemerintah juga perlu memutuskan untuk mengusung konsep recovery alias mengembalikan fungsi hutan. Saat ini, banyak masyarakat gunakan lokasi tersebut untuk kebun sawit dan sebagainya.

"Bukit Soeharto sudah gundul, harus dikembalikan fungsinya" jelas dia.



Tonton video Wajah Indonesia Jika Ibu Kota dan Pusat Bisnis Terpisah:

[Gambas:Video 20detik]


Bukit Soeharto Cocok Jadi Lokasi Ibu Kota Baru
(hek/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com