Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 05 Jul 2019 15:10 WIB

Warga Bergaji Rp 4 Juta/Bulan Cicil Rumah Dp Rp 0, Berat Nggak?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Rumah DP Rp 0 Pondok Kelapa/ Achmad Dwi Afriyadi, detikFinance Foto: Rumah DP Rp 0 Pondok Kelapa/ Achmad Dwi Afriyadi, detikFinance
FOKUS BERITA Menanti Rumah DP Rp 0
Jakarta - Cicilan paling ringan untuk rumah DP Rp 0 yang digagas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ialah Rp 1,17 juta per bulan selama 20 tahun untuk rumah tipe 21 (21 m2) seharga Rp 184,8 juta. Meski terhitung kecil, besaran cicilan itu akan berat untuk warga berpenghasilan Rp 4 juta per bulan.

Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andy Nugroho mengatakan, dengan cicilan sebesar itu artinya sudah 25% penghasilan habis untuk membayar cicilan.

"Seandainya sudah berkeluarga mengambil rumah DP 0 yang paling minimum Rp 4 juta, itu 25% dari penghasilan untuk cicilan. Paling ekstrimnya, keluarga harus bener-bener yakin bahwa mereka mampu alokasikan segitu, dengan biaya hidup Jakarta, terlalu berat," katanya kepada detikFinance, Jumat (5/7/2019).

Menurutnya, cicilan tersebut belum termasuk termasuk biaya perawatan atau maintenance. Sebutnya, secara kasar untuk air dan listrik sampai Rp 500 ribu. Kemudian, untuk perawatan gedung sampai Rp 200 ribu.


"Mereka Rp 1,1 juta di luar maintenance, pasti minimal air, listrik, taruhlah tebakan saya Rp 500 ribuan lah, apalagi punya anak. Kemudian hunian bertingkat ada maintenance gedung tebak-tebakan Rp 200 ribu (total) Rp 700 ribu berarti Rp 1,8 juta. Mereka penghasilan Rp 4 juta, mereka sisa Rp 2,2 juta," jelasnya.

"Belum SPP, TK (taman kanak-kanak) saja Rp 500 ribuan belum ada makan, transportasi sudah mepet banget. Bisa sih bisa, ekstra kencangkan ikat pinggang," sambungnya.

Padahal, kata dia, idealnya, dari penghasilan sebanyak 50-70% untuk konsumsi seperti cicilan rumah, makan, dan lain sebagainya. Kemudian, sebanyak 10% untuk investasi, 10% alokasi kondisi darurat, dan 10% untuk hiburan.


Dengan besarnya pengeluaran untuk rumah, menurutnya banyak alokasi yang mesti dikorbankan. Sebab itu, dia menyarankan, agar ada penghasilan lain untuk alokasi-alokasi yang dikorbankan.

"Keluarga harus paham konsekuensinya artinya ketika komitmen, pengeluaran dikorbankan. Atau paling nggak mereka lolos verifikasi awal, setelah kemudian sudah bayar bulanan, kamu kerjaan penghasilan berapa, karena kebutuhan tinggi. Saran saya cari penghasilan lain," jelasnya.

Untuk diketahui, rumah DP Rp 0 yang hampir jadi ialah Samawa yang belokasi di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Syarat untuk memiliki rumah ini antara lain, ber-KTP DKI Jakarta dan tinggal sekurang-kurangnya 5 tahun, belum punya rumah, belum pernah menerima subsidi perumahan, dan berpenghasilan Rp 4 juta-Rp 7 juta per bulan.

Berikut daftar lengkap cicilan rumah DP Rp 0:



Simak Video "Tertarik Rumah DP 0 Rupiah? Catat Skema Cicilannya!"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
FOKUS BERITA Menanti Rumah DP Rp 0
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed