Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 14 Nov 2019 10:07 WIB

Sasar Milenial, CitraLand Cibubur Punya Rumah Eksklusif Rp 500 Jutaan

Yakob Arfin - detikFinance
Foto: Dok. CitraLand Foto: Dok. CitraLand
Jakarta - Ciputra Group baru saja menyiapkan produk rumah eksklusif dua lantai terbarunya di CitraLand Cibubur yaitu klaster The New Attaleya. Rumah yang dibanderol mulai Rp 500 jutaan ini merupakan produk seri kedua dari klaster Attaleya, yang sebelumnya membanderol harga Rp 1 miliar hingga Rp 2 miliar.

Marketing Manager CitraLand Cibubur Galih PS Putri mengatakan lahirnya The New Attaleya ini untuk menjawab kebutuhan pasangan milenial untuk memiliki huniah mewah namun dengan harga yang bersahabat.

"Sebenarnya klaster Attaleya sudah lama, cuma kali ini kita membuat produk dengan fitur baru yang lebih kecil. Kan kami melihat market sekarang ini sudah mulai bergeser. Dulu awalnya CitraLand Cibubur ini memulai dari harga 1 miliar sampai 2 miliar. Tapi sekarang kami melihat kebutuhan end user sekarang lebih banyak langsung memakai rumah daripada investasi. Makanya kita gunakan tipe-tipe rumah kecil agar langsung diserap oleh end user," kata Putri kepada detikcom beberapa waktu lalu.


The New Attaleya terdiri dari dua tipe yaitu tipe The New Attaleya 1 dan The New Attaleya 2. The News Attaleya 1 memiliki ukuran kavling 6 x 10 dengan dua lantai. Luas bangunannya 55 meter persegi dan luas tanah 60 meter persegi. Sedangkan The New Attaleya 2 memiliki ukuran kavling 5 x 12 dengan dua lantai, serta luas bangunan 46 meter persegi dan luas tanah 60 meter persegi.

"Sebenarnya luas bangunannya sama 5x12 kan 60 meter persegi. Kalau luas bangunannya 55 tanah 60. Ketemu di harga untuk tunai mulai dari Rp 650 juta. Jadi kalau dibilang kompetitif sekali, ya kompetitif ya untuk rumah 2 lantai," tukasnya.

Ia pun menjelaskan salah satu kelebihan The New Attaleya terletak pada jumlah lantainya yang terdiri dari dua lantai. Dengan harga Rp 500 jutaan, nilai The New Attaleya lebih kompetitif jika dibandingkan rumah dengan ukuran dan luas yang sama yang dibangun hanya satu lantai. Sehingga dengan nilai tambah ini Putri mengatakan The New Attaleya dapat menjadi alternatif bagi pasangan milenial yang baru menikah dan baru pertama kali memiliki rumah, sehingga dapat disesuaikan dengan budget yang mereka miliki.

Putri menjelaskan hal ini didasarkan pada situasi terkini yang mengatakan bahwa milenial memiliki kemungkinan kecil untuk membeli properti. Sehingga untuk menjawab persoalan itu, CitraLand Cibubur memberikan alternatif hunian dengan cicilan tak lebih dari Rp 5 juta.

"Kalau kita bicara end user yang benar-benar pasangan muda, kemampuan untuk mencicil itu tidak bisa lebih besar dari 5 juta per bulan. Karena ketika kita bicara soal pasangan muda kondisinya tentu berbeda dengan orang yang sudah bekerja puluhan tahun ya. Kemampuannya pun berbeda.Tapi kita bilang rata-rata generasi milenial yang baru saja menikah, untuk mencicil per bulan sebaiknya tidak lebih dari 5 juta rupiah, agar sesuai dengan penghasilan mereka juga," jelasnya.

Putri juga mengungkapkan alasan lain mengapa The New Attaleya merupakan hunian eksklusif.

"Kenapa The New Attaleya dibilang eksklusif? Meski terbilang rumah berukuran kecil, namun berada di lingkungan yang mewah dengan spesifikasi yang mewah juga. Karena memang kawasan ini sejak awal kami desain dengan masterplan yang sudah diperuntukkan untuk rumah mewah dengan range harga Rp 1 miliar rupiah hingga Rp 2 miliar lebih. Sedangkan The New Attaleya ini seri mewah namun dengan ukuran yang lebih kecil," paparnya.


Putri melihat bahwa minat pasar properti saat ini adalah tipe rumah di bawah Rp 1 miliar. Oleh karena itu untuk mengisi ceruk peluang tersebut, CitraLand Cibubur mengkonsep hunian dengan desain dan lingkungan berkelas dengan harga di bawah Rp 1 miliar. Selain itu ia juga mengatakan bahwa preferensi milenial adalah memiliki hunian yang tak terlalu luas namun tetap tampak mewah dan megah.

"Namanya generasi milenial tentu inginnya kelihatan punya rumah mewah ya. Kalau rumah satu lantai walaupun spesifikasinya sama-sama bagusnya degan dua lantai, tapi looks-nya bangunan dua lantai tentu lebih terlihat mewah karena lebih tinggi dan megah. Dari tampak depan rumahnya jadi lebih menarik. Makanya dibilang eksklusif. Rumah mewah walaupun rumah kecil tapi berada di lingkungan yang mewah dengan spesifikasi yang mewah juga," ungkapnya lagi.

Putri juga mengatakan CitraLand Cibubur menyediakan tiga platform pembelian yaitu secara tunai, cicil developer 24 kali, lalu KPR dengan DP 5% dan bisa Dicicil 5x. Saat ini perkembangan pembangunan CitaLand Cibubur sedang on progress. Sejumlah fasilitas seperti tempat hiburan, rumah ibadah, perbelanjaan dan fasilitas umum lainnya sedang disiapkan dan dibangun untuk melengkapi kebutuhan para penghuni. (prf/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com