Sudah Tahu Negara Mana yang Punya Gedung Tertinggi di Dunia?

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 22 Feb 2021 17:11 WIB
Gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa, Dubai, diketahui memiliki tiga zona waktu buka puasa yang berbeda-beda di beberapa lantainya. Begini alasannya.
Gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa, Dubai/Foto: Getty Images
Jakarta -

Deretan gedung pencakar langit kini menjadi ikon sebuah negara. Banyak negara yang seolah 'berlomba-lomba' membangun gedung pencakar langit mereka. Pertanyaannya negara mana yang memiliki gedung tertinggi di dunia?

Dikutip dari Visual Capitalist, Senin (22/2/2021), infografis dari Factory Outlet Alan mencatat gedung pencakar langit perkotaan yang berkilauan di setiap benua.

Asia

Asia menjadi benua yang memiliki gedung tertinggi di dunia. Burj Khalifa di Dubai adalah salah satu tempat wisata paling populer di Timur Tengah. Bangunan itu menempati urutan pertama menjadi gedung tertinggi di dunia dan Asia. Tingginya 828 m atau 2.715 kaki, gedung itu pun memiliki 163 lantai.

Urutan kedua pada gedung Shanghai Tower, China. Tinggi gedung itu setinggi 632 m dan memiliki 128 lantai. Selanjutnya ada Makkah Royal Clock Tower Hotel, yang terletak di Mekah, Saudi Arabia dengan tinggi 601 m.

Keempat ada Goldin Finance 117 di Tianjin, China dan Ping An Finance Center dari Shenzhen berada di urutan kelima.

Amerika Utara

Amerika Utara menempati urutan kedua sebagai benua yang memiliki gedung tertinggi di dunia. Pada urutan pertama gedung tertinggi di benua itu yakni The One World Trade Center yang memiliki tinggi 541 m dan memiliki 104 lantai. Gedung itu melambangkan tahun adopsi Deklarasi Kemerdekaan AS.

Sementara Central Park Tower telah mencapai ketinggian maksimalnya, beberapa bagian interiornya masih dalam proses pembangunan. Tinggi gedung ini 472 m dan terletak di New York City. Ketiga, Wills Tower yang terletak di Chicago. Tinggi gedung itu 442 , dan memiliki 110 lantai.

Di urutan ke empat ada gedung 111 West 57th Street yang memiliki tinggi 435 m dan kelima ada One Vanderbilt yang juga terletak di New York City dengan tinggi 427 m.

Eropa

Lima gedung tertinggi di Eropa semuanya dapat ditemukan di Rusia. Terlebih lagi, tepat yang berasal dari Moskow. Namun, di urutan pertama ada gedung Lakhta Center yang tidak berada di Moscow tetapi di Saint Petersburg, tingginya 462,5 m. Kedua ada Federation Tower: East Tower yang memiliki tinggi 373,7 m.

Ketiga ada, OKO: South Tower dengan tinggi 354,1 m, keempat gedung Neva Tower 2yang memiliki tinggi 345 m, dan terakhir ada Mercury City Tower dengan tinggi 338,8 m.

Berlanjut ke halaman berikutnya.