Yuk Hitung-hitungan Beli Rumah Pakai DP 0%

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 15 Mar 2021 05:50 WIB
Bank Indonesia (BI) siap mengeluarkan ketentuan baru Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kepemilikan Apartemen (KPA), termasuk besaran loan to value atau uang muka. Hal tersebut merupakan dampak dari naiknya BI Rate.
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto

detikcom mencoba melakukan simulasi untuk rumah seharga Rp 500 juta memakai simulasi yang disediakan di laman resmi BTN. Caranya mudah, cukup pilih Simulasi KPR lalu lanjut pilih KPR Konvensional. Setelah masuk, maka akan tersedia sejumlah kolom untuk diisi.

Kolom harga properti pun tinggal diisi dengan angka Rp 500 juta dan DP diisi dengan angka 0%. Selanjutnya, lama pinjaman bisa diganti dengan angka 20 tahun dan masa kredit fix 2 tahun.

Suku bunga per tahun dan suku bunga floating tidak diubah mengikuti laman tersebut di mana suku bunga per tahun 8,29% dan suku bunga floating 13,5%. Setelah itu pilih hitung.

Dengan simulasi ini, maka keluar untuk pembayaran pertama ialah Rp 40,83 juta di mana di dalamnya memuat angsuran, DP, total biaya bank, dan total biaya notaris.

Biaya bank sendiri meliputi appraisal, administrasi, proses, provisi, asuransi. Sementara, untuk biaya notaris meliputi akta jual beli, bea balik nama, SKMHT, APHT, perjanjian HT, cek sertifikat, ZNT, PNBP HT. Sedangkan, untuk angsuran per bulan dengan DP 0% Rp 4,33 juta.

Sebagai perbandingan, dengan harga properti yang sama dengan DP 10%, maka pembayaran pertama untuk KPR adalah Rp 86,90 juta. Sementara, untuk angsuran per bulannya ialah Rp 3,90 juta.

Halaman

(acd/ara)