Mulai Bosan WFH? Simak Tips Atur Ruang Kerja di Rumah Biar Makin Nyaman

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 19 Mar 2021 09:28 WIB
Close up photo of men using phone and laptop in the office
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/Jokic
Jakarta -

Sudah setahun jutaan karyawan kantor bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Mungkin, beberapa bulan pertama transformasi dengan bekerja dari rumah masih nyaman dilakukan

Namun, saat ini sudah banyak perusahaan yang memberikan kebijakan WFH jangka panjang. Dengan demikian, disarankan untuk membuat kantor sendiri di rumah yang bisa meningkatkan produktivitas dan juga kesehatan. Ruang kantor yang dibangun di rumah usahakan kondusif untuk bekerja.

Mengutip dari CNN, Jumat (19/3/2021) berikut cara yang tepat untuk mengatur ruang kerja di rumah selama WFH jangka panjang.

Presiden perusahaan konsultan perkantoran ErgoFit Consulting, Deborah Read menyarankan untuk membuat kantor di rumah carilah tempat di rumah yang bisa memuat meja berukuran 36 inci atau sekitar 90 cm.

Selain itu, pilihlah kursi kerja yang nyaman. Sebab pemilihan kursi akan mempengaruhi postur tubuh hingga punggung agar terhindari dari nyeri.

"Ketika kami terganggu oleh ketidaknyamanan yang mengganggu, semua hal itu karena berada di kursi yang tidak nyaman, kami menjadi sangat lelah dan kami menjadi pegal dan itu sangat mengganggu," kata Read.

Read juga menyarankan untuk memperhatikan posisi komputer atau laptop kerja. Usahakan posisi monitor sejajar mata dan jaraknya sesuai untuk membaca.

"Kami ingin visi Anda berada di 30% teratas layar," katanya.

Seorang Profesor di University of Cincinnati Susan Kotowski mengatakan jika bekerja dengan laptop, dia merekomendasikan untuk mendapatkan monitor eksternal, keyboard, dan mouse, jika memungkinkan. Jika Anda tidak bisa mendapatkan ketiga elemen eksternal, Anda bisa berimprovisasi.

Berlanjut ke halaman berikutnya.