Sektor Properti Indonesia Cetak Prestasi di Kala Pandemi

Sponsored - detikFinance
Rabu, 04 Agu 2021 08:05 WIB
Arsip BSA Land
Foto: Dok. Arsip BSA Land
Jakarta -

Mewabahnya virus Corona sejak akhir 2019 menyebabkan banyak sektor industri terkena imbas penurunan ekonomi. Hal ini turut memberikan dampak pada pemasukan para pelaku usaha properti. Tak sedikit perusahaan yang melakukan PHK massal bagi karyawannya, hingga terpaksa gulung tikar karena tidak dapat lagi mengatasi cashflow yang terus merugi.

Berdasarkan hasil survei Indonesia Property Watch (IPW), pada wilayah Jabodebek hingga Banten penjualan rumah mengalami penurunan hingga rata-rata mencapai 50,1% pada kuartal 1 2020.

Ketua Bidang Properti Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sanny Iskandar mengatakan keberlangsungan usaha properti dalam kondisi pandemi ini sangat berimbas pada persoalan tenaga kerja. Hal ini dia ungkapkan dalam kesempatan kajian pengoptimalan sektor properti sebagai salah satu lokomotif pertumbuhan ekonomi nasional, bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan Real Estate Indonesia (REI).

"Kita semua harus berupaya agar industri properti ini jangan sampai terganggu karena ada 30 jutaan pekerja yang berpotensi terdampak. Ini kan jumlah yang sangat besar dan tidak main-main," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Rabu (3/8/2021).

Arsip BSA LandFoto: Dok. Arsip BSA Land

Kendati demikian, di tengah kondisi yang penuh tantangan setahun terakhir ini, berita baik didapat dari sektor properti Indonesia. Perusahaan properti BSA Land yang berfokus pada sektor menengah dengan menjual properti harga terjangkau untuk masyarakat, mendapat penghargaan internasional pada awal Juli 2021.

Strategi yang digunakan BSA Land terbukti sukses dan efektif di masa pandemi seperti sekarang ini. Terbukti dengan meningkatnya penjualan hingga 20% atau sekitar 1.500 unit rumah selama tahun 2020, di tengah ketidakpastian ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Atas kontribusinya dalam mengatasi krisis perumahan di Indonesia, dan peranannya dalam menyediakan rumah dengan spesifikasi tinggi dengan harga terjangkau, BSA Land memenangkan dua kategori di ajang Real Estate Asia Award 2021 di Singapura, yakni Residential Development of The Year-Indonesia dan The Excellence Award of The Year Indonesia.

Real Estate Asia Award 2021 diadakan oleh Real Estate Asia Magazine, yang bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada developer properti terbaik di kelasnya, yang telah berkontribusi membantu meningkatkan sektor perekonomian negara, di tengah pandemi.

Dengan diraihnya 2 penghargaan ini, BSA Land berkomitmen untuk terus menciptakan hunian berkualitas dengan harga terjangkau di berbagai daerah lainnya, seperti yang sebelumnya telah dilakukan pada proyek Kana Park, Telaga Legok, Royal Sentraland dan lain sebagainya.

Cari tahu lebih lanjut mengenai BSA klik di sini

Lihat juga Video: Tantangan Dalam Berekspansi Investasi Properti

[Gambas:Video 20detik]



(Content Promotion/BSA Land)