Waduh! Ongkos Angkut Material dari Jawa ke Nusantara Rp 50 Juta/Truk

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 23 Jan 2022 12:45 WIB
Ibu Kota Baru
Foto: Ibu Kota Baru (Fuad Hasim/detikcom)
Jakarta -

Pembangunan ibu kota negara (IKN) baru Indonesia memiliki tantangan tersendiri. Lokasi ibu kota baru bernama Nusantara itu terletak di Kalimantan Timur (Kaltim). Untuk mengangkut material pembangunan IKN dari Pulau Jawa menelan biaya Rp 50 juta per truk.

"Saya kemarin menghubungi truk saja untuk satu truk bisa bisa Rp 50 juta itu sampai ke sana," kata Perancang Istana Negara IKN, I Nyoman Nuarta dalam wawancara di Akbar Faizal Uncensored, dikutip detikcom, Minggu (23/1/2022).

"Artinya itu yang menyebabkan keluar angka yang mahal-mahal. Kalau kita bisa pabrikasinya di sana ya tentu akan lebih murah," lanjutnya.

Lebih lanjut, untuk mengangkut barang dari Pulau Jawa ke Kalimantan sejauh ini harus melalui pelabuhan di Surabaya.

Nyoman pun memberikan gambaran bahwa pembangunan Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali saja membutuhkan 700 tronton untuk membawa materialnya. Bedanya, medan menuju Bali lancar-lancar saja dan hanya memerlukan waktu dua sampai tiga hari sudah tiba.

"Begitu kemarin kita dengar Kalimantan, kaget benar kita dengar biayanya mahal sekali," ungkapnya.

Dia menjelaskan mahalnya biaya angkut juga disebabkan oleh infrastruktur menuju lokasi IKN belum memadai. Namun yang dia tahu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang mengebut pembangunan infrastruktur pendukung di sana.

"Itu kalau bawa truk ternyata mahal juga, sampai Rp 50 juta, mahal sekali. Itu yang membuat menurut saya ini supaya bapak-bapak ini paham bahwa angkutan kita ini menjadi mahal karena di sana belum ada infrastruktur yang memadai untuk pekerjaan kami," tambahnya.



Simak Video "PDIP soal Pembangunan IKN Libatkan Dana Masyarakat: Kenapa Tidak? "
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)