ADVERTISEMENT

4 Fakta Nasib Terkini Rumah Murah Jokowi di Cikarang

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Kamis, 23 Jun 2022 20:00 WIB
4 Fakta Nasib Terkini Rumah Murah Jokowi di Cikarang
Foto: Kondisi Terkini Proyek Sejuta Rumah (Kholida Qothrunnada/detikcom)

Seorang ibu rumah tangga bernama Dian yang mengaku telah menempati rumah di perumahan tersebut sejak 2017, mengungkapkan di sana ia sempat terkena banjir.

"Kalau awal masih sepi banget, belum ada orang jualan. Mulai ramainya pas pertengahan tahun 2017. Saya juga sempat kok jualan di depan Masjid perumahan.Pernah ngerasin banjir, kebagian pas hujan 5 tahunan itu.. sekitar tahun 2018. Sampai ada bantuan datang dari pemerintah. Tapi yang parah rumah-rumah yang tahap 1 parah, karena dekat danau," kata Dian kepada detikcom.

Proyek rumah subsidi di perumahan Villa Kencana Cikarang memang sempat menarik perhatian publik. Lantaran, rumah bersubsidi yang dibangun oleh PT Arrayan Bekasi Development itu telah diresmikan dan didatangi langsung Presiden Jokowi tepatnya pada 4 Mei 2017 lalu.

Suatu kebanggaan bagi pengembang, karena perumahannya diresmikan langsung oleh Presiden. Benar saja, bahkan keesokan harinya perumahan tersebut langsung diserbu calon pembeli.

"Sehabis Jokowi ngeresmiin, besoknya langsung padat di sini. Konsumen pada dateng. Enggak lama langsung ludes," kata salah seorang Marketing Villa Kencana Cikarang di Cikarang, dikutip dari catatan detikcom yang tayang Kamis (27/7/2017).

Pada saat diresmikan Jokowi, rumah bertipe 25/60 di Villa Kencana Cikarang yang sudah terbangun sebanyak 4.734 unit. Sekitar 3.162 unit saat itu sudah akad kredit, lalu ada 1.222 unit yang dilakukan akad kredit saat peresmian.

Perumahan Villa Kencana Cikarang sendiri merupakan perumahan bersubsidi untuk wong cilik yang dibangun bekerja sama dengan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN). Seperti diketahui, pembangunan Villa Kencana Cikarang telah dimulai sejak 2016. Awal perilisan, harga per unit rumah itu dibanderol dengan Rp 112 juta hingga Rp 141 juta.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT