Follow detikFinance
Rabu, 10 Sep 2014 11:48 WIB

Mau Buka Toko Rajawali Mart? Bisa Kredit Lewat BRI

- detikFinance
Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) melakukan kerjasama terkait pemberian fasilitas kredit waralaba kepada Rajawali Mart dan Waroeng Rajawali milik PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI).

Dengan demikian, masyarakat yang ingin berbisnis dengan buka toko Rajawali Mart dan Waroeng Rajawali bisa dibantu dengan pinjaman dari bank milik negara tersebut.

Kerjasama keduanya ini direalisasikan dalam bentuk Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan oleh Direktur BRI Djarot Kusumayakti dengan Direktur Utama RNI Ismed Hasan Putro.

Sekretaris Perusahaan BRI Budi Satria menyebutkan, dari bisnis waralaba yang dibangun RNI ini memiliki potensi kredit hingga mencapai Rp 40 miliar.

"Perkiraan kebutuhan kredit waralaba untuk pembukaan Waroeng Rajawali sekitar Rp 160 juta sampai dengan Rp 240 juta," ujar Budi saat acara Penandatanganan Memorandum of Understanding Kemitraan Rajawali Mart dan Peresmian Distribution Center Rajawali Mart di Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (10/9/2014).

Dia menjelaskan, nantinya RNI menargetkan untuk membuka 500 gerai Waroeng Rajawali dengan total 100 Waroeng milik RNI dan 400 untuk kemitraan atau waralaba.

Pembukaan Waroeng Rajawali tersebar di kota-kota, antara lain Bali, Lombok, Jabodetabek, Serang, Surabaya, Bandung, Makassar, Malang, Medan, Semarang, Jogjakarta, Cirebon dan sekitarnya.

Tidak hanya sekadar membangun Waroeng Rajawali, RNI juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berwiraswasta dengan memiliki Waroeng Rajawali melalui cara kemitraan atau waralaba.

"Dengan investasi yang relatif lebih murah dari waralaba sejenis, maka diharapkan akan terjangkau oleh masyarakat banyak. Hal ini tentunya turut membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian," kata Budi.

Budi mengungkapkan, saat ini BRI memiliki berbagai jenis fasilitas kredit, salah satunya yaitu kredit waralaba, posisi semester II-2014 total outstanding kredit yang diberikan lebih dari Rp 65 miliar.

Kredit waralaba diberikan bagi calon investor yang ingin memiliki usaha yang sudah diwaralabakan. Saat ini, BRI sudah melakukan kerja sama dengan beberapa perusahaan terkait dengan kredit waralaba ini.

"Tumbuh hampir 25% bila dibandingkan dengan akhir tahun Desember 2013. Ini pertanda bahwa bisnis waralaba akan terus berkembang," tandasnya.

(drk/ang)
​​​Promosikan bisnis kamu, ​​​detik ini juga​​ di adsmart.detik.com
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed