Peluang Dapat Cuan dari Kerajinan Berbahan Bambu

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 10 Okt 2020 12:30 WIB
Solusi UKM
Foto: Dok. Pribadi
Jakarta -

Achfan D.R sepertinya tidak bisa jauh dari bambu. Sejak 2011 dia sudah menekuni bidang konstruksi yaitu membuat rumah dari bambu seperti villa, gazebo, cottage.

Hingga akhirnya tim yang ia miliki bubar. Pria yang akrab disapa Avan ini kembali berdiri dan banting setir ke segmen kerajinan, tapi tetap berbahan bambu.

Usaha barunya diberi nama Rajut Bambu. Hal ini karena bambu adalah tanaman yang luwes dari akar sampai daunnya bisa berguna.

"Tuhan menciptakan dua pohon yang luar biasa, yaitu kelapa dan bambu. Bambu banyak manfaatnya bisa untuk struktur bangunan, casing pesawat, casing kereta tercepat di Inggris, tirai sampai lonceng angin," kata Avan saat berbincang dengan detikcom akhir pekan ini.

Dia mengungkapkan jika bambu bersifat seperti benang yang dirajut. Serentan apapun benang, ketika menjadi rajutan akan menjadi kuat.

Selain itu Avan juga memiliki tujuan mengurangi sampah plastik dan menyeimbangkan ekosistem. Apalagi saat ini isu global warming memang masih menjadi sorotan di berbagai belahan dunia.

"Trademark kita memang zerowaste dan ecofriendly. Lingkungan ini lekat dengan bambu, sebagai warisan, budaya hingga kehidupan yang akan datang," ujarnya.

Dia menyebutkan, awal menjalankan usaha dia mengumpulkan limbah-limbah bambu dari pengrajin lain. Namun permintaan semakin banyak akhirnya dia mengambil bahan bambu yang utuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2