Saatnya Jadi Bos

Bukan Baja atau Carbon Fiber, Pria Ini Jual Sepeda Berbahan Bambu

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 08 Jan 2021 14:59 WIB
Bikin Sepeda dari Bambu, Why Not?
Sepeda Bambu/Foto: Dok. Arana Bike
Jakarta -

Sepeda pada umumnya berbahan baja, chromoly, alloy atau carbon fiber. Tapi di tangan Ricky bambu bisa menjadi bahan rangka sepeda lho. Kok bisa ya bikin sepeda bambu?

Kepada detikcom Ricky menceritakan bambu merupakan material ramah lingkungan yang punya banyak kelebihan. Apalagi teksturnya yang eksotis sangat cocok digunakan sebagai interior dan furnitur.

Ricky yang merupakan penggemar olahraga jogging dan sepeda terinspirasi menjadikan bambu sebagai bahan dasar rangka sepeda. Hingga akhirnya dia mempelajari dan bereksperimen trial and error sampai tercipta prototipe sepeda dari bambu.

Memang sebelumnya dia juga telah memiliki usaha custom interior/furniture dan produksi yang berbasis bahan dasar kayu termasuk bambu bernama Aranawood. Arana berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya sesuatu yang akan tumbuh dan berkembang.

Harapannya ketika memulai sesuatu bisa menjadi besar dan berkembang. Nah dari sinilah dia terinspirasi memberi nama Arana Bike untuk sepeda bambunya.

"Prototipe Arana Bike ada bulan April 2020 dan terus dilakukan penyempurnaan baik dari sisi desain dan konstruksi hingga beberapa bulan berikutnya," kata dia belum lama ini.

Bikin Sepeda dari Bambu, Why Not?Foto: Dok. Arana Bike

Menurut Ricky rangka sepeda berbahan dasar bambu tak kalah dengan bahan lainnya. Sepeda bisa digunakan dengan sangat nyaman, aman dan desain yang menarik namun tetap berfungsi sepeda pada umumnya.

Bambu yang digunakan berjenis Gombong atau Gigantochloa pseudoarundinacea. Dia membeli dari penjual bambu di sekitar lokasi workshop dan berasal dari sekitar Kabupaten Bogor.

Keunggulan Arana Bike dibandingkan sepeda lainnya adalah jika dilihat secara radial, bambu memiliki lubang-lubang kapiler yang berbentuk seperti tabung.

"Tabung-tabung ini menjadikan bambu sebagai material yang baik untuk menahan getaran. Hal ini membuat Arana Bike sangat nyaman dikendarai karena keseluruhan framenya dapat meredam getaran," ujar dia.

Hal ini lah yang membuat Arana Bike sangat nyaman dikendarai karena keseluruhan framenya dapat meredam getaran sehingga memberikan sensasi yang berbeda apabila dibandingkan dengan berkendara menggunakan rangka sepeda yang terbuat dari material lainnya.

Kemudian untuk sepeda Gravel KOMODO didesain oleh Ricky dengan geometri yang sangat nyaman. Lalu wheel base yang lebih panjang dan posisi pengendara yang lebih tegak menjadikan sepeda ini cocok untuk digunakan sebagai sepeda touring dan light official jarak jauh karena lebih stabil dan pengendara tidak cepat lelah.

Cara membuat sepeda bambu dan tips usaha Ricky di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2