Saatnya Jadi Bos

Andika Ramadhan, Anak Jalanan yang Bisnis Skincare Beromzet Miliaran

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 02 Mar 2021 17:28 WIB
Andika Ramadhan: dari Anak Jalanan hingga Sukses Bisnis Skin Care
Foto: Dok. Pribadi

Pria kelahiran 26 Februari 1993 ini juga menceritakan dia pernah merasakan kerasnya kehidupan jalanan. Saat itu tahun 2008 dia dikeluarkan oleh sekolahnya karena sering tawuran dan sering bolos.

"Karena saya bukan anak yang berprestasi dulu, tapi lebih ke bermasalah suka tawuran akhirnya sekolah formal itu mengeluarkan saya. Saya minta ke orang tua mau sekolah lagi, tapi ibu bapak saya tidak sanggup membiayai akhirnya saya keluar dari rumah dan hidup di jalanan," ujar dia.

Selama hidup di jalanan Andika mengamen, mencuci piring di rumah makan sampai berdagang selama satu tahun. Setelah itu dia kembali ke rumah dan ingin kembali bersekolah.

"Bapak bilang dia belum punya uang, saya diminta masuk ke sekolah Master (Masjid Terminal) Depok, sambil bapak carikan uang. Saya kaget banget karena tidak seperti bayangan saya sekolahnya," kata dia.

Saat pertama kali ke Master, Andika melihat banyak anak-anak tidak memakai seragam dan bahkan tak ada ruang kelas. Ketika itu hanya ada kontainer bekas yang dicat warna hijau dan disulap menjadi ruang kelas.

Namun tekad ingin menebus kesalahannya membuat Andika bersemangat untuk sekolah. Di Sekolah Master ini Andika seperti menemukan dirinya kembali. Prestasi-prestasi mulai ia raih.

"Saya punya motivasi kuat saat itu ingin jadi orang yang berhasil. Alhamdulillah dapat guru yang baik. Founder sekolah Master pak Rohim juga sangat baik. Akhirnya saya bisa masuk kuliah di UNJ, meski sempat kesulitan membayar uang di awal masuk kampus akhirnya saya bisa," jelas dia.

Halaman

(kil/ara)