Awalnya Hobi, Pria Ini Raup hingga Rp 20 Juta/Bulan dari Bisnis Tokek

ADVERTISEMENT

Awalnya Hobi, Pria Ini Raup hingga Rp 20 Juta/Bulan dari Bisnis Tokek

Arief Syaefudin - detikFinance
Kamis, 06 Jan 2022 18:01 WIB
Bisnis tokek raup cuan hingga Rp 20 juta
Foto: Arif Syaefudin/detikcom: Bisnis tokek raup cuan hingga Rp 20 juta
Rembang -

Awalnya cuma hobi, kini jadi ladang cuan. Inilah kisah seorang pencinta reptil di Rembang, Ivan Kurniawan, yang 'menyulap' hobinya memelihara tokek menjadi bisnis yang meraup cuan hingga 20 juta/bulan.

Warga Desa Sumberjo ini menekuni hobi memelihara tokek selama 7 tahun. Kemudian saat pandemi COVID-19, ide bisnis tokek pun muncul

"Tokek hias atau gecko ini merupakan jenis tokek yang terdapat di Pakistan, India dan Iran. Gecko menjadi hewan peliharaan populer karena warna tubuhnya yang indah dan perawatannya juga mudah," kata Ivan ditemui di rumahnya, Kamis (6/1/2022).

Ivan mulai memelihara tokek 2015 silam, yang diberi oleh saudaranya. Saat itu ia juga mulai mempelajari gecko hingga muncul ketertarikan.

Saat ini Ivan memiliki 600 ekor tokek siap jual dan 350 ekor indukan berbagai gen dan warna yang siap dikembangbiakkan.

Bisnis tokek raup cuan hingga Rp 20 jutaBisnis tokek raup cuan hingga Rp 20 juta Foto: Arif Syaefudin/detikcom: Bisnis tokek raup cuan hingga Rp 20 juta

Kala awal pandemi kemarin, ia iseng memposting beberapa peliharaannya itu. Ternyata mendapat antusias tinggi. Dalam sebulan yang awalnya terjual kisaran 25 ekor, kini bisa lebih dari 50 ekor penjualannya.

"Musim Pandemi penjualan malah ada kenaikan 100 persen. Gecko ini saya jual dengan harga bervariasi, mulai dari harga Rp 100 ribu hingga Rp 10 Juta per ekornya, harga tersebut tergantung jenis gen dan warna geckonya," terang Ivan yang tak cuma bisnis, melainkan juga peternak tokek.

"Penjualan tak hanya menyasar ke pecinta reptil di Indonesia saja, saya juga biasa menerima pesanan gecko dari manca negara, yaitu Singapore dan Malaysia," tuturnya.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT