Follow detikFinance
Senin, 03 Jun 2013 08:00 WIB

Ini Orang Terkaya di 5 Negara ASEAN, Yuk Intip Usahanya

- detikFinance
1 1. Robert Kuok (Malaysia)
Halaman 2 dari 6
Foto: Forbes Foto: Forbes

Pria berumur 89 tahun ini merupakan orang paling kaya di Malaysia. Jumlah harta pria ini mencapai US$ 12,5 miliar atau sekitar Rp 118,7 triliun di 2013 ini, dan menempatkannya pada posisi 76 orang terkaya di dunia.

Robert merupakan pria China-Malaysia yang mengumpulkan kekayaannya lewat bisnis gula, minyak sawit, perkapalan, dan properti. Lewat induk usahanya yaitu Kuok Group, Robert mempunyai tiga perusahaan yang berbasis di Hong Kong, Singapura, dan Malaysia. Dalam setahun, jumlah kekayaan Robert naik US$ 100 juta berkat berkembangnya aset perusahaan daging olahan miliknya yaitu Yurun Food Group, serta naiknya harga saham perusahaan properti miliknya di Hong Kong yaitu Hotel Shangri-La dan Kerry Properties.

Sumber terbesar kekayaan Robert adalah dari Wilmar, yang merupakan perusahaan kelapa sawit terbesar di dunia. Wilmar dijalankan oleh keponakannya yaitu Kuok Khoon Hong, yang merupakan warga Malaysia dan juga orang terkaya di negeri singa itu. Selain itu, Robert juga menguasai koran South China Morning Post, yang merupakan koran paling untung di dunia ini. 

(dnl/dnl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed