Follow detikFinance
Sabtu 17 Jun 2017, 16:59 WIB

Orang Terkaya Afrika Sudah Sumbang Harta Rp 1,3 Triliun

Hendra Kusuma - detikFinance
Orang Terkaya Afrika Sudah Sumbang Harta Rp 1,3 Triliun Foto: Dok. Forbes
Jakarta - Aliko Dangote saat ini menjadi orang paling kaya se-Afrika versi Forbes. Dari daftar 50 orang kaya di Afrika, pria berusia 60 tahun ini menempati posisi pertama.

Lahir di Nigeria pada 10 April 1957, Dangote saat ini memiliki kekayaan sebanyak US$ 12,1 miliar atau setara dengan Rp 160,89 triliun. Bahkan pria yang memegang teguh agama islam ini rajin beramal. Dia telah menghabiskan harta Rp 1,32 triliun atau US$ 100 juta untuk beramal.

Dangote menggelontorkan US$ 100 juta ke badan amal. Badan-badan amal yang dibantunya bergerak di bidang penanganan banjir, layanan kesehatan, dan pengangguran kemiskinan.

Dangota merupakan seorang tokoh bisnis Nigeria yang sekaligus pemilik Dangote Group yang bergerak di bidang komoditas dan memiliki daerah operasi di Nigeria dan sejumlah negara di Afrika termasuk Benin, Kamerun, Togo, Ghana, Afrika Selatan, dan Zambia.

Lulusan Universitas Al-Azhar Cairo ini memiliki sekitar 90% saham Dangote Cement yang diperdagangkan secara publik melalui perusahaan induk. Dangote Cement merupakan produsen semen terbesar di benua Afrika.

Semen Dangote menghasilkan 44 juta metrik ton per tahun dan berencana untuk meningkatkan produksinya 33% pada 2020. Dangote juga memiliki saham di perusahaan garam, gula, dan tepung terigu yang diperdagangkan secara publik. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed