Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 21 Mei 2019 07:17 WIB

Kisah Inspiratif

Kisah Inspiratif John Collison, Milenial Berharta Rp 30 T

Vadhia Lidyana - detikFinance
John Collison. Foto: Dok. Reuters John Collison. Foto: Dok. Reuters
FOKUS BERITA Sukses dan Kaya Raya
Jakarta - John Collison adalah pria muda kaya raya asal Irlandia pendiri Stripe, situs dan perangkat pembayaran online untuk individu dan bisnis.

Dilansir dari Forbes Senin (20/5/2019), di usianya yang baru menginjak 28 tahun John sudah mengantongi kekayaan sebesar US$ 2,1 miliar atau sekitar Rp 30 triliun.

John Collison mendirikan Stripe bersama kakaknya, Patrick Collison. Dua bersaudara yang dibesarkan di Limerick, Irlandia, ini meluncurkan Stripe pada tahun 2011. Sejak itu, Stripe terus berkembang.

Kini, Stripe memiliki 750 karyawan. Stripe juga memiliki rekan bisnis raksasa, seperti Facebook dan Lyft.

Pada bulan September 2018, Collison bersaudara berhasil mengumpulkan uang pendanaan sebesar US$ 245 juta atau sekitar Rp 3,5 triliun. Stripe pada saat itu juga bernilai US$ 20,25 miliar atau sekitar Rp 293 triliun.


Stripe membantu orang untuk mempermudah transaksi online. Stripe dirancang untuk mengubah cara situs web menerima pembayaran online. Dengan Stripe, pelanggan tak perlu repot membuat akun seperti situs transaksi online pada umumnya.

John menciptakan Stripe di usia 19 tahun dan berkuliah di Harvard, Boston, Amerika Serikat (AS). John adalah pria yang cerdas. Ia telah diterima sebagai mahasiswa Harvard sebelum ia menyelesaikan ujian akhirnya di sekolah.

Ia juga memperoleh nilai tertinggi untuk Leaving Certificate-nya (semacam ijazah untuk melanjutkan jenjang ke perguruan tinggi di Irlandia).

John mengambil jurusan fisika di Harvard. Namun, pada tahun 2010 ia keluar dari Harvard dan pindah ke Sillicon Valley, di San Fransisco, AS, untuk fokus membangun Stripe bersama Patrick.

Sebelum meluncurkan Stripe, Collison bersaudara setiap hari mengendarai sepeda untuk ke Palo Alto, karena mereka tak punya uang untuk membeli mobil. Hingga kini, mereka berdua masih hidup sederhana dan rendah hati layaknya orang Irlandia kebanyakan.


Bahkan, direksi Stripe yang bernama Mike Moritz mengatakan, keluarga Collison sangat ramah dan juga berpengetahuan luas. Ini adalah kunci keberhasilan dua anak desa dari Irlandia menjadi seorang miliuner sekarang ini.

John adalah orang yang sederhana. Ia seringkali berjalan kaki dalam melakukan aktivitasnya. Ia juga dikenal pelari yang semangat dan sering berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan lari bersama rekan kerjanya.

Selain itu, John memiliki lisensi pilot. Selain lari dan hiking bersama rekan kerjanya, ia gemar mengendarai pesawat terbang di waktu luangnya. (ang/ang)
FOKUS BERITA Sukses dan Kaya Raya
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com