Kisah Inspiratif

Kisah Kenny Troutt, Pengusaha AS yang Lahir dari Keluarga Miskin

Vadhia Lidyana - detikFinance
Rabu, 23 Sep 2020 06:38 WIB
Kenny Troutt, Pengusaha Tajir AS yang Lahir dari Keluarga Miskin
Kenny Troutt/Foto: Dok. Forbes
Jakarta -

Kenny Troutt adalah salah satu orang pengusaha terkaya Amerika Serikat (AS) yang sukses dari hasil jerih payahnya sendiri. Meski lahir dari keluarga tak mampu, ia tetap berjuang menempuh pendidikan universitas, dan pada akhirnya mampu mendirikan perusahaan sendiri.

Dilansir Your Tech Story, Rabu (23/9/2020), Troutt (72) lahir di Mount Vernon, Negara Bagian Illinois, AS pada tahun 1948. Ia merupakan anak tertua dari tiga bersaudara. Ayahnya bekerja sebagai seorang bartender.

Troutt bersekolah di Mt. Vernon Township High School. Meski keuangan keluarganya pas-pasan, ia tetap gigih berjuang untuk bisa menempuh pendidikan universitas. Troutt lulus dari Southern Illinois University pada tahun 1971 dengan gelar Bachelor of Arts/Science.

Selama kuliah, ia bekerja sebagai sales asuransi. Ia mencari nafkah untuk membiayai kuliahnya, serta memberikan uang tambahan kepada keluarganya yang hidup susah.

Setelah lulus kuliah, ia bekerja keras untuk menafkahi keluarganya. Pada tahun 1988, ia mendirikan perusahaan yang menyediakan layanan telepon jarak jauh yakni Excel Communications. Ia mendirikan perusahaan itu bersama Steve Smith.

Hanya dalam sembilan tahun, perusahaannya memperoleh pendapatan hingga miliaran dolar AS. Excel Communications sukses menjadi perusahaan dengan pertumbuhan tercepat di AS, bahkan lebih cepat dari Microsoft.

Pada tahun 1996, Excel Communications sukses melantai di Bursa Efek New York (New York Stock Exchange/NYSE) denga kode perusahaan ECI. Perusahaannya itu sukses menjadi perusahaan termuda yang sukses melantai di NYSE.

Di tahun 1998 tepatnya bulan Juni, Excel mengakuisisi Telco Communications Group. Namun, di bulan November 1998 Excel akhirnya dijual kepada Teleglobe. Melalui aksi itu, Troutt dan Smith memperoleh uang sebesar US$ 3,5 miliar. Keduanya mendadak menjadi miliarder dalam semalam.

Meski dibeli oleh Teleglobe, Troutt masih menjabat sebagai CEO Excel Communications, hingga pada 20 September 1999 ia memilih pensiun. Kini, ia masih tercatat sebagai pengusaha terkaya di AS versi Forbes dengan kekayaan bersih mencapai US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 22 triliun (kurs Rp 14.815).

Saat ini, Troutt memiliki peternakan yang bernama WinStar Farm seluas 2.400 hektare (Ha) di Versailles, Kentucky. Sementara, ia tinggal bersama istrinya, Lisa E. Copeland dan ketiga anaknya di sebuah perkebunan di Dallas, Texas.

(ara/ara)