ADVERTISEMENT

Kisah Inspiratif

Azim Premzi, Konglomerat Muslim yang Suka Bagi-bagi Duit

Tim detikcom - detikFinance
Jumat, 30 Apr 2021 04:46 WIB
Azim Premji, chairman of Wipro Ltd., poses for a photograph following a television interview in Davos, Switzerland, on Wednesday, Jan. 25, 2012. The 42nd annual meeting of the World Economic Forum will be attended by about 2,600 political, business and financial leaders at the five-day conference. Photographer: Simon Dawson/Bloomberg via Getty Images
Foto: Getty Images

Menurut Forbes, nilai kekayaan Azim mencapai US$ 20,4 miliar atau sekitar Rp 306 triliun. Tapi, bagi Azim Premji, harta yang paling berharga adalah bagaimana cara menggunakan kekayaan pribadinya untuk memperbaiki kehidupan orang lain yang kurang beruntung.

Premji telah menggunakan kekayaannya untuk memulai sejumlah kegiatan filantropi, termasuk Azim Premji Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang bekerja dengan pendidikan dasar di sekolah-sekolah pemerintah pedesaan di India, dan Prakarsa Filantropi Azim Premji, yang mendukung organisasi yang pekerjaannya memiliki potensi signifikan untuk berkontribusi pada perubahan sosial secara sinergis.

Sejak didirikan pada tahun 2001, Azim Premji Foundation sekarang telah memiliki lebih dari 1.000 orang yang bekerja di bidang pendidikan dasar di lebih dari 12 negara bagian India.

Pada tahun 2014, Premji mendirikan Prakarsa Filantropis Azim Premji, yang menyumbangkan Rs500 crore atau sekitar Rp 1 triliun setiap tahunnya kepada organisasi nirlaba yang bekerja untuk meningkatkan kehidupan anak jalanan dan penyandang cacat, serta masalah tata kelola.

Azim dipilih sebagai penerima Medali Filantropi Carnegie tahun 2017. Premji adalah salah satu dari dua penerima internasional penghargaan tahun itu.

Penghargaan yang dibuat sejak 2001 tersebut diberikam untuk orang-orang yang pekerjaan filantropisnya mewujudkan cita-cita visi Andrew Carnegie, salah satu pengusaha terkaya di abad ke-19 melalui pekerjaannya di industri kereta api dan baja Amerika.

"Dalam cara kita bekerja, saya sangat mementingkan kerendahan hati dan kejujuran; Dengan menghormati nilai-nilai kemanusiaan, kami berjanji untuk melayani pelanggan kami dengan integritas," kata Azim Premji.


(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT