Baru Lulus Kuliah? Ini Tipsnya Biar Lancar Masuk Dunia Kerja

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Jumat, 27 Sep 2019 11:45 WIB
3.

Pikiran Harus Terbuka

Baru Lulus Kuliah? Ini Tipsnya Biar Lancar Masuk Dunia Kerja
Ilustasi. Foto: iStock

6. Bepergian saat Anda bisa
Penting untuk menyisihkan sejumlah tertentu dari gaji bulanan Anda untuk simpanan darurat, tetapi tidak kalah penting untuk membuat sebuah tabungan untuk dana bepergian. Anda harus melihat sebanyak mungkin dunia, di saat Anda bisa. Yang dimaksud dengan bepergian bukanlah untuk pergi berbondong-bondong ke lokasi wisata yang sering dikunjungi, mengambil selfie sebanyak mungkin dan menyatakan bahwa Anda pernah ke tempat tersebut. Yang kami maksud dengan bepergian yaitu mengeksplorasi berbagai budaya dan berinteraksi dengan penduduk setempat untuk memperoleh sudut pandang baru mengenai kehidupan. Pengalaman-pengalaman baru ini akan menginspirasi dan memotivasi Anda dengan cara yang tak pernah Anda bayangkan sebelumnya.

7. Rendah hati
Sebagai si 'anak baru' di tempat kerja, Anda harus tetap rendah hati dan menunjukkan rasa antusias untuk mencoba tugas-tugas baru dan mempelajari hal-hal yang berbeda, tetapi kurangnya pengalaman yang Anda miliki tidak menjadikan Anda seorang 'gampangan' yang mudah untuk disuruh melakukan apa saja. Anda digaji untuk keterampilan dan bakat Anda. Jika pada suatu saat Anda merasa dimanfaatkan atau dilecehkan dengan cara apa pun, bicarakan dan mintalah saran mengenai hal tersebut dengan seseorang.

8. Memiliki pikiran terbuka
Beberapa tugas yang diberikan pada Anda mungkin terlihat tidak berkaitan langsung dengan pekerjaan Anda, namun tetaplah berpikiran terbuka dan belajar sebanyak mungkin. Jika Anda memiliki keraguan, bertanyalah. Amati, dengarkan, dan proses informasi di sekitar Anda secara objektif. Bersikaplah terbuka dalam mencoba berbagai pendekatan saat berusaha memecahkan suatu masalah - ini merupakan cara terbaik untuk tumbuh dan berkembang.

9. Jangan takut untuk gagal
Satu-satunya cara untuk belajar adalah dengan membuat kesalahan. Biarkan diri Anda untuk gagal, tetapi belajarlah dari setiap pengalaman. Jangan biarkan rasa takut akan kegagalan mencegah Anda mencoba berbagai ide-ide berbeda. Anda tidak akan tahu jika belum mencoba suatu hal. Jika Anda tidak yakin apakah risikonya terlalu besar, tanyakan pada diri Anda sendiri, 'Apa hal terburuk yang mungkin terjadi?' Jika jawabannya bukan 'kehancuran finansial perusahaan',' Anda mungkin berakhir di penjara', 'orang mungkin akan mati', atau 'kiamat', maka tidak masalah bagi Anda untuk mencobanya.

10. Menerima tantangan
Jangan takut untuk keluar dari zona nyaman Anda. Begitulah cara Anda tumbuh dan berkembang baik sebagai seorang profesional maupun individu. Semakin banyak tantangan yang Anda hadapi, semakin tinggi rasa percaya diri yang Anda pupuk dan semakin banyak pula keterampilan yang akan diperoleh. Tantangan sudah sepantasnya terasa menakutkan; jika tantangan itu mudah, Anda tidak akan belajar hal baru apapun.

Walaupun mungkin terlihat banyak, namun daftar di atas adalah aturan-aturan universal untuk membantu Anda memasuki masa peralihan dari kehidupan perkuliahan ke kehidupan nyata di dunia kerja. Sudah saatnya anda menjadi seorang dewasa yang mandiri serta anggota masyarakat yang berkontribusi. Kami yakin, ini akan menjadi sebuah perjalanan yang luar biasa.



(fdl/fdl)