Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 13 Mei 2015 17:05 WIB

Wawancara CEO Trans Retail

Beri Diskon 10% <i>All Item</i>, Carrefour Ingin Masyarakat Hemat

Wahyu Daniel - detikFinance
Jakarta - Mulai 14 Mei 2015, PT Trans Retail Indonesia melalui gerai Carrefour dan Transmart memberlakukan program diskon 10% setiap hari untuk seluruh barang, khusus untuk pengguna kartu kredit Bank Mega. Carrefour ingin masyarakat hemat.

Ada 5 kategori produk yang tidak masuk ke dalam program diskon 10% ini. Produk tersebut adalah gadget (seperti HP, laptop, dan tablet), pulsa, rokok, susu bayi di bawah 1 tahun, dan telur curah.

President Director dan CEO Trans Retail Indonesia, Shafie Bin Shamsuddin mengatakan, Carrefour ingin memberi kontribusi kepada masyarakat agar bisa berbelanja hemat, di tengah tekanan ekonomi yang sedang melambat.

Berikut petikan wawancara detikFinance dengan Shafie, Senin (11/5/2015).

Bisa dijelaskan soal program diskon 10% ini?


Jadi sebenarnya, kami akan memberlakukan program belanja apa saja di Carrefour dan Transmart, untuk semua pengguna kartu Bank Mega bisa mendapatkan diskon 10%.

Ini termasuk barang elektronika dan promosi. Kecuali untuk produk gadget (hp, tablet, dan laptop), pulsa, rokok, dan susu bayi untuk di bawah 1 tahun, dan telur curah.

Selain 5 kategori semua diberikan diskon 10% khusus untuk pelanggan pemilik kartu Bank Mega. Ini mulai 14 Mei 2015, dan seterusnya sepanjang waktu dan sepanjang tahun.

Alasan produk susu bayi di bawah 1 tahun tidak didiskon?


Susu kita mengikut situasi di Indonesia, kami mau menggalakkan ibu-ibu memberikan susu kepada bayi, dan mengikut pemerintah di mana kami harus berkontribusi kepada masyarakat. Karena ASI bagus untuk kesehatan. Karena itu, kami tidak memberikan harga murah kepada susu untuk bayi di bawah 1 tahun.

Tapi kan banyak barang lain yang kami berikan potongan harga. Program ini kami lakukan objektifnya dengan melihat keadaan hari ini, di mana krisis yang sedang kita hadapi. Carrefour ingin memberikan sedikit kontribusi kepada masyarakat, dengan memberikan harga yang murah dan juga bisa hemat, kami mau memberikan penghematan kepada masyarakat Indonesia.

Harganya dijamin lebih murah dari toko ritel lain?


Benar. Karena ini sangat penting, biasanya pelanggan kami ingin tahu apakah yang termurah. Kami ingin sampaikan, pakailah kartu kredit Bank Mega setiap hari, kami jamin harganya murah daripada di seluruh ritel lain. Karena itu kami bekerja keras kepada pelanggan.

Kami akan memastikan lebih murah dari ritel lainnya, untuk penggunaan kartu kredit Bank Mega. Supaya masyarakat bisa hidup lebih hemat. Ini kontribusi Transmart atau Carrefour.

Banyak pelanggan kami yang bertanya, dalam situasi krisis seperti ini bagaimanakah Carrefour bisa membantu, program ini salah satunya. Jadi Carrefour yang sudah lebih dari 15 tahun berada di Indonesia dan kami sudah tahu Carrefour Indonesia sudah diakuisisi oleh Chairul Tanjung, sehingga milik bangsa Indonesia 100%. Makanya kami harus dekat dengan pelanggan. Jadi kami kembalikan dengan pelanggan-pelanggan di Indonesia, supaya mereka lebih hemat belanja di Carrefour.

Ibu-ibu akan mendapat sembako lebih murah dengan program ini?


Pastinya. Sembako ini memang penting, jadi kami harus fokus kepada sembako, seperti daging. Sayur juga, ayam, kemudian beras, minyak, deterjen kami selalu memantau sehingga harganya lebih hemat. Harapannya adalah bukan hanya fokus kepada pelanggan, tetapi juga kepada industri.

Karena kami merasakan harga-hargaa saat ini lebih tinggi. Dan kami mencari solusi menekan harga-harga ini. Kami bersinergi dengan Bank Mega agar memberi hasil terbaik, dan menekan harga hemat. Dengan harapan ritel lain mengikuti. Kami ingin menjadi contoh bagi ritel lain, untuk memberikan harga yang hemat.

Pasti segar barangnya?


Harus fresh, dan kami sudah yakinkan dari supply chain, waktu kami kirim ke hampir 100 toko terjaga kesegaran barang-barang.

Ada persiapan khusus untuk pelayanan?


Pastinya, konsumsi akan meningkat menjelang ramadan. Meski satu setengah bulan menjelang ramadan kita harus siap. Pertama parkir yang luas, kedua troli disiapkan 1.000 troli tiap toko di seluruh Indonesia. Kami juga menyiapkan teman-teman kita di kasir untuk lebih siap melayani pelanggan. Kami harapkan lebih banyak pelanggan yang mendaftar menjadi nasabah Bank Mega.

Barang-barang elektronik yang marginnya tidak besar dijual murah. Termasuk barang promosi. Maksudnya ada barang Rp 1 juta, dan diberi promosi 20% harganya Rp 800 ribu, dan diberikan lagi 10% dengan program ini.

Jam operasi akan ditambah?


Kami buka seperti biasa, tapi mungkin tutupnya lebih lama untuk waktu-waktu tertentu.

Carrefour diharapkan jadi patokan ritel lain?


Kami ingin memberikan rujukan, memberikan hidup lebih baik bagi masyarakat. Kami memberikan diskon 10% agar masyarakat hemat dan bisa membeli barang-barang lain. Kami ingin Carrefour menjadi rujukan.

Kami memberikan waktu kepada pelanggan untuk mengembalikan produk yang mereka beli paling lama dalam 7 hari. Jadi walaupun 7 hari bisa dikembalikan, namun harga yang dibandingkan harus hari yang sama. Jadi misalkan mereka beli barang di hari ini, harga harus dibandingkan di toko ritel lain pada hari ini juga.

Namun kami berikan waktu 7 hari. Dan kami akan kembalikan uangnya sepenuhnya kepada mereka, namun barangnya harus utuh seperti saat mereka membeli, termasuk kemasannya. Ini untuk pengguna Bank Mega saja. Pembandingannya dengan toko ritel juga.

Jadi akan ada sekitar 50 ribu item produk yang mendapatkan potongan harga lewat program ini.



(dnl/dnl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com